Belum Ada Tanggapan Positif Propam Polda Jawa Barat

Posted on

Kota Bandung, Buser Trans Online

Menangapi kasus yang membelit terpidana anggota Polres Bandung ini, Kepala Kepolisian Resor Bandung Ajun Komisaris Besar Sony Sonjaya kepada Wartawan mengakui bahwa pihaknya sudah menerima surat panggilan yang ditujukan kepada Briptu Frengky Chandra Mulia Aritonang dari Kajari Bale Bandung.

Namun hal ini harus ditempuh dengan prosedur. Sony Sonjaya mengakui pula, bahwa pihaknya sudah melayangkan surat ke Propam Polda Jawa Barat. Namun dari Propam Polda Jawa Barat belum ada respon positif atas kasus ini, karena Briptu Frengky Chandra Mulia Aritonang banyak sekali kasus – kasus pidana yang harus dijalani oleh Propam. “ Hingga saat ini Briptu Frengky Chandra Mulia Aritonang masih dalam pengawasan Propam “, tegasnya.

Wignyo Julianto SH yang bertindak sebagai Jaksa Penuntut Umum kepada Wartawan menjelaskan, terdakwa kasus penyalahgunaan Nakoba ini didkwa bersama melanggar Pasal 112 ayat (1) sub Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Terdakwa dituntut 2 tahun pidana penjara karena secara sah dan meyakinkan bersalah memakai Narkoba. Namun Majelis Hakim PN. Bale Bandung yang diketuai oleh Hakim Dodong Iman Rusdahani melalui Putusan No. 448/Pid.B/PN.BB/2010 menghadiahkan vonis bebas terhadap terdakwa. ( Hakim Dodong Iman Rusdhani saat ini telah dipindahkan ke PN. Kuningan – Red ). JPU langsung melakukan perlawanan hukum dengan memohon pemeriksaan tingkat kasasi ke MA

Oleh Majelis Hakim Agung MA yang terdiri DR. Artidjo Alkostar, SH.LLM sebagai Ketua Majelis, R. Imam Harjadi, SH.MH dan H.M. Zaharuddin Utama, SH.MM sebagai Anggota dibantu oleh Tuty Haryaty, SH.MH selalu Panitra Pengganti berpendapat lain, dan tidak sepaham dengan pendapat majelis hakim di tingkat pertama.

Justru majelis hakim agung ini  beranggapan bahwa Majelis Hakim PN. Bale Bandung  (Judex Facti) telah keliru menafsirkan undang-undang, telah salah menerapkan hukum atau menerapkan hukum tidak sebagaimana mestinya.

Oleh karenanya,  majelis hakim agung mengabulkan permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi : Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Bale Bandung, membatalkan putusan PN. Bale Bandung No.448/ Pid. B / 2010/ PN.BB, MENGADILI SENDIRI dan menyatakan terdakwa Frengky Chandra Mulia Aritonang Bin Bernar Aritonang terbukti secara sah dan meyakinkan telah bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan Narkotika Golongan I bagi diri sendiri.

Melalui Putusan No. 2130 K/ PID. SUS/ 2010 yang dibacakan tanggal 27 Januari 2011, diputuskan, Menghukum, oleh karena itu terdakwa Frengky Chandra Mulia Aritonang Bin Bernar Aritonang dengan pidana penjara selama 2 (dua) tahun, serta menetapkan lamanya pidana penjara yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana penjara yang telah dijalani.

Menetapkan barang bukti berupa : 1 (satu) buah tas pinggang warna hitam yang berisikan 2 (dua) keeping kaset VCD, 4 (empat) potong sedotan warna putih, 1 (satu) buah bong/tabung kecil berisikan cairan, 1 (satu) bungkus rokok LA kosong, 3 (tiga) buah plastic klip kecil kosong, 1 (satu) buah plastic klip kecil berisi sabu-sabu dan 1 (satu) buah jarum kecil dirampas untuk dimusnahkan serta menghukum Terdakwa membayar biaya perkara dalam semua tingkat peradilan sebesar Rp. 2.500,- ( dua ribu lima ratus rupiah ). (red***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s