Notaris di DIY Lebihi Kuota

Posted on

YOGYA, Buser Trans Online

Jumlah notaris di DIY saat ini dianggap terlalu banyak. Saat ini tercatat ada 367 notorais yang  terdaftar di Depkumham DIY. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan memicu persaingan tidak sehat.  

“Jumlah tersebut dikatakannya, jauh melebihi batas normal dan berpotensi menimbulkan persaingan tidak sehat,” kata Kepala Kantor Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) DIY Susy Susilawati (2/8) seraya menandaskan bahwa jumlah kuota notaris di DIY melebihi ketetapan kuota.

Demi menghindari persaingan tidak sehat, pihaknya membentuk majelis pengawas yang berjumlah sembilan orang. Terdiri dari pejabat kakawil Depkumham dan akademis.  “Persaingan tidak sehat sangat potensial jika tak ada pengawasan,” jelasnya.

 Susy meyebut saat ini pihaknya sudah mendapat laporan tiga kasus pelanggaran kode etik notaris. Tiga kasus tersebut terjadi di wilayah Kota Jogja, Bantul dan Gunungkidul. “Saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan tentu jika terbukti melakukan pelanggaran, tindakan mulai dari teguran, pemecatan hingga pidana jika terbukti,” kata Susy.

Beberapa kemungkinan pelanggaran notaris itu antara lain, notaris tidak aktif melaksanakan tugasnya di dalam kantor kenotariatan, kemungkinan ‘banting harga’ untuk menarik klien, serta notaris melakukan kerjasama dengan perusahaan. chol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s