Depag Kota Tasik Rugikan Calon Pasutri

Posted on

Kantor KUA Kec. Cibeureum Kota. Tasikmalaya.

Kota. Tasikmalaya, Buser Trans Online

Kurang pemahaman tentang Peraturan Mentri Agama No. 11 th 2007 tentang pencatatan nikah bab V pasal 10, KUA Cibeureum dibawah Depag Kota. Tasikmalaya diduga merugikan Calon Pasangan Suami Istri (Pasutri), hal ini atas pengankuan orang tua dari pasangan tersebut Obang Sobarna warga Ciamis.

Kepada Buser Trans Oline menuturkan beberapa bulan yang lalu anak perawannya yang berdomisili di Kelurahan Sukamenak Kota. Tasikmalaya akan melaksanakan pernikahan didaerah Ciamis dan meminta andon nikah,namun, pihak KUA Cibeureum menolak memberikannya karena menurutnya ando nikah hanya diperuntukan laki-laki.

Pihak KUA bisa memberikan dengan jaminan memberikan sejumlah uang diluar peraturan yang ada, dan harus pindah dulu domisilinya ke Ciamis. jelas Obang.

lebih lanjut Obang berharap kepada Departeman agama Kota Tasikmalaya dapat melakukan pembinaan terhadap PPN maupun penghulu Kec. Cibeureum, agar pelayanan prima terhadap masyarakat bisa dilaksanakan dan tidak merugikan.

Menurutnya, ando nikah yang tertuang dalam PMA No. 11 tahun 2011 tidak hanya di berakan kepada calon mempelai laki-laki, tetapi, pihak perempuan juga diperbolehkan,” yang lebih merugikan kalau perempuan harus pindah dulu domisili, bisa menghabat PNS, karena KTP yang dipunyai adalah KTP Kota Tasikmalaya”.keluhnya.

Kepala KUA Cibeureum saat di konfirmasi wartawan tidak ada di tempat hanya penghulu yang memberikan klarifikasi. Ia mengakui salah penjabaran pasal tersebut kedepan tidak akan terulang kembali.

Kepala Depag Kota Tasikmalaya H. Ahmad Patoni di tempat kerjanya baru pertama kali mendengan permasalahan tersebut dan akan segera melakukan pembinaan kepada bawahannya, hingga tidak merugikan masyarakat terutama calon Pasutri (red/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s