Kontroversi Relokasi Korban Merapi, Warga Butuh Sosialisasi Detil

Posted on

SLEMAN –Buser Trans Online

Meski menolak relokasi, warga korban erupsi Merapi berharap adanya sosialisasi lanjutan mengenai nasib mereka. Selain itu, mereka juga membutuhkan penjelasan tentang konsep hutan rakyat dan bagaimana memperlakukannya.

“Kami masyarakat di sini masih belum tahu untuk deadline masyarakat yang menolak relokasi ketentuanya seperti apa. Begitu pula untuk konsep hutan rakyat kami juga belum tahu. Bahkan sebagian warga juga belum tahu jika kawasan terdampak erupsi akan dijadikan hutan rakyat,”ujar Kepala Desa Glagaharjo Cangkringan Suroto.

Suroto mengatakan, pemerintah seharusnya mengadakan sosialiasasi dengan turun langsung pada masyarakat. Jika hanya melalui media,masyarakat belum banyak yang mengetahui. “Masyarakat yang menolakkan relokasi tentu bisa dibicarakan dulu.Dari hasil dialog inilah nanti akan tahu seperti apa nantinya,”imbuhnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Kepuharjo Cangkringan Heri Suprapto mengatakan, warganya meminta pemerintah agar memberikan izin memanfaatkan lahan mereka yang akan dijadikan hutan rakyat untuk menanam tanaman tumpang sari.

Menurut mereka, jika hanya ditanami pohon keras maka manfaatnya dirasakan kurang. “Warga justru meminta tanaman buah, tanaman keras dan di sela-sela tanaman itu bisa dimanfaatkan untuk tanaman tumpang sari.Keinginan masyarakat itu memang bermacam-macam tapi kami juga harus mengakomodir semuanya,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, dirinya belum melakukan pertemuan yang membahas secara khusus tentang warga korban erupsi Merapi yang menolak relokasi. “Ada dan tidaknya masalah sosialisasi masih menunggu kordinasi dari pemerintah pusat dan Provinsi DIY.” Chol


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s