LSM-NCW Kab Nias Tanda Tanya besar kepada Kajari Gunungsitoli.

Posted on Updated on

Kantor kejari Nias.

Nias, Buser Trans Online

            Sungguh luar biasa Kejaksaan Negeri Gunungsitoli diduga bungkam alias tutup mata terhadap para tersangka kasus korupsi di Kabupaten Nias yang mana sudah ada  jadi tersangka,namun hingga kini tanda tanya besar bagi sejumlah LSM di Kabupaten Nias kenapa dan mengapa tidak ditahan atau di limpahkan ke Pengadilan Negeri Gunungsitoli?

            Hal ini salah satu lembaga peduli nias LSM-Nias Coruption Watch (NCW)Kabupaten Nias membeberkan nama-nama pelaku korupsi di Kabupaten Nias dari Tahun 2001 yang sudah jadi tersangka yang di sidik Kejaksaan Negeri Gunungsitoli kepada Monitor di Kantornya Jln Yossudarso Gunungsitoli 03 Agustus 2011. berikut nama-nama tersebut serta penjelasannya.

            Binahati B.Baeha,SH.&Fatizondra Harefa.  Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi Perimbangan Provisi Sumber Daya Alam (PSDA) Sektor Kehutanan, Pasal yang di persangkakan yaitu  Pasal 2,3 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU No 20 Tahun 2011.

            Amir Mahmud Tanjung Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi penyalagunaan dana Pemberdayaan Desa Kelurahan (DPD/K Tahun 2002/2003 Desa Tagaule Kecamatan Bawalato, Pasal yang di persangkakan  yaitu Pasal Pasal 2,3 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU No 20 Tahun 2011.

            Binahati B.Baeha,SH, Drs.Firman Yanus Larosa dan Emanuel Atuloo Telaumbanua Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi Dana Bantuan bencana Alam Tahun 2001 dan 2002 Kabupaten Nias, Pasal yang di persangkakan yaitu Pasal 2,3 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU No 20 Tahun 2011.

            Angerago Lase dan Adieli Gulo Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi Peningkatan Jalan Dan Jembatan (Lucuran TA 2002) APBD TA 2002 Pasal yang di persangkakan yaitu Pasal 2,3 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU No 20 Tahun 2011.

            Ir.Lakhomizaro Zebua Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi Dana Perimbangan Provisi Sumber Daya alam (PSDA) Sektor Kehutana, Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi.

            J.W.Dachi,BA, Drs.Baloni Halawa,Aladin Buulolo,Manaro Harefa,Okytuhasa Duha,Idial Harita dan Alisokhi Buulolo Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi dalam pelaksanaan pelelangan pada proyek peningkatan sarana dan prasarana alam yang di kelolah oleh Dinas Kimpraswil Kabupaten Nias Selatan TA 2004, Tersangka/Terdakwa dalam Kasus/Masalah Dugaan Korupsi

            Nama-nama tersebut diatas adalah daftar penanganan perkara tindak pidana khusus/korupsi yang di sidik Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Pada 2005 oleh Kasi tindak Pidana khusus F.H.Laoli,SH Jaksa Pratama Nip 230021926,namun hingga sampai diturunkan berita ini belum ada penahanan.

            Sekretaris LSM- NCW Kabupaten Nias Samabudi Zendrato kepada Monitor mengatakan diminta kepada Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Edisumarno,SH agar melakukan pemanggilan kepada tersangka-tersangka tersebut di atas sehingga masyarakat nias bertanya-tanya sampai sekarang ini.

            Samabudi menambahkan diharapkan kepada Kajari Gunungsitoli agar segera meninjau kembali kebenaran penyilidikan Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Gunungsitoli pada saat itu kalau memang benar oknum tersebut di atas benar sudah di jadikan tersangka atau belum, kalau sudah ya sekarang limpahkan ke Pengadilan Negeri Gunungsitoli

            Koordinator LPM-Garansi Kabupaten Nias Fesianus Ndraha kepada Monitor diminta kepada Kajari Gunungsitoli jangan bungkam atau diam dalam kasus dugaan korupsi tersebut diatas karena pada saat itu sudah keluar surat penahan para tersangka.

            Tambahnya menegaskan saat ini ada apa Kajari Gunungsitoli bungkam atau diam? Diminta supaya kasus tersebut segera di tinjau sehingga warga masyarakat nias pada umumnya tidak bertanya-tanya lagi bagaimana tindak lanjut kasus yang sudah hampir terpendam tersebut.harap Ndraha pelaku-pelaku korupsi di Kabupaten Nias segera di usut tuntas agar semua para pejabat enggan melakukan korupsi tegasnya. (Fesianus Ndraha)

One thought on “LSM-NCW Kab Nias Tanda Tanya besar kepada Kajari Gunungsitoli.

    Ferdinand Ndraha (Ketua LSM Perlahan Kepulauan Nias) said:
    18 Maret 2012 pukul 5:38 PM

    Jangankan Kasus 2005 Bung, Bahkan Puluhan laporan masyarakat tentang Dugaan Tindak Pidana Korupsi Ta. 2011 saja pun tidak jelas di Kejaksaan Negeri Gunungsitoli tersebut. masyarakat Nias harus memaklumi keprofesionalisme penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi dikejaksaan negeri gunungsitoli saat ini, abiz penyidik disana adalah hanya Pegawai Kejaksaan yang bergaya Jaksa Penyidik melakukan BAP kepada Saksi dan Terlapor. Ujung2nya para Pegawai Kejaksaan ini bisik2an sama saksi terlapor, lalu kasus tersebut lenyap. secara logika sederhana saja, apa oknum pegawai kejaksaan yang sudah bau tanah tersebut mampu melakukan ekspos kasus? tentunya tidak, karena tidak ada dalam UU Pokok Kejaksaan yang mengatur Pegawai (PNS) Kejaksaan bisa menggantikan posisi Jaksa Penyidik atau Jaksa Penuntut.
    yang jelas semua laporan dugaan tipikor di Kejari Gusit tersebut bakal lenyap dan yang muncul adalah isyu ATM Tunai atau Bayar langsung Tuntas.
    maka saya setuju sekali kalau rekan-rekan para Politisi, Pakar Hukum, DPRD, LSM dan Tokoh Masyarakat lainnya di Nias ini mengusulkan kepada Kejagung RI untuk membangun Bilik ATM di samping Pintu masuk kantor Instansi tersebut.
    Bahkan ada Laporan dari LSM Perlahan Nias yang saya pimpin saat ini belum jelas kepastian hukumnya. yakni Dugaan KKN di Dinas PUD Kab. Nias Barat yang melibatkan PPK An. Afolo Daeli dan Fatou’osa Halawa.
    jadi sabar saja lah dulu, Hukum di Nias ini kayaknya lagi Pause…………………………..
    kita lapor ke Kejagung pun tidak ada tanggapan. disana juga masih ada laporan LSM Perlahan tentang dugaan KKN realisasi DPPID Ta. 2011 di PUD Nias Utara. jadi Pusat dan Daerah Kayaknya sama saja toh..??????!
    solusi satu2nya menurut saya, mari semua kawan2 dan masyarakat yang peduli hukum dan pembangunan di Nias ini lakukan aksi Damai dengan turun kejalanan suarakan aspirasi sampai kepintu masuk kantor kejaksaan negeri gunungsitoli.
    Suarakan penuntasan Kasus KKN dan Tolak Pejabat Kejaksaan yang tidak peka terhadap penanganan kasus korupsi di Nias.
    Trimakasih… Ya’ahowu.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s