SPESIALIS PENCURI MOBIL DI SIKAT

Posted on

BALIKPAPAN, BUSER TRANS ONLINE

–  Satu lagi keberhasilan Jajaran Polresta Balikpapan dalam mengungkap kasus pencurian mobil. Jajaran Polresta Balikpapan menangkap salah satu actor pencurian kendaraan bermotor yang terjadi 3 bulan terakhir diBalikpapan, Rustam Kates, dibekuk beberapa waktu lalu. Ia dibekuk sekitar pukul 20.45 Wita di kawasan Balikpapan Permai tak jauh dari Terminal Damai, Balikpapan Selatan.

Disebutkan, tersangka sudah seminggu ini menjadi target operasi (TO)  dari Jajaran Polresta Balikpapan karena  melihat banyaknya pengaduan kasus kehilangan mobil dari masyarakat.

Penangkapan itu bermula saat tim buru sergap Polsek Balikpapan Utara yang dikomandani Iptu Amran memantau sang target operasi (TO) di sekitar kawasan Balikpapan Permai. Saat itu juga, ketika tim Buser melihat Rustam turun dari angkot nomor 5 berhasil mengamankannya . “Tersangka sempat berhenti di dekat pos jaga polisi lalu lintas tak jauh dari kawasan itu. Tak ada perlawanan dari tersangka. Kami sempat menggeledah dan tidak ditemukan senjata tajam,” ujar Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyanto didampingi Kapolsek Utara Kompol Andrias Susanto.

 “Awalnya hanya mengaku mencuri satu unit mobil jenis Kijang. Kami masih kembangkan pemeriksaan,” timpal Kapolsek. Tersangka mengaku, mobil curiannya (KT 1891 LT) itu disembunyikan di sekitar kuburan muslimin dekat STM Pangeran Antasari. Saat itu juga tim buser Polresta Balikpapan langsung mengecek dan terbukti. Rustam mengatakan, alasan ia menyembunyikan mobil curian itu karena bensinnya habis. Sementara, sudah tidak ada barang yang bisa diuangkan dari mobil tersebut, seperti tape mobil, ban cadangan, atau dongkrak karena semua sudah ia jual.

Dalam interogasi selama dua jam, tersangka yang berambut cepak itu akhirnya mengakui sudah mencuri sebanyak 17 unit mobil jenis Kijang dengan berbagai tahun keluaran pabrik. Semua dilakukan di Balikpapan, hanya dalam tempo 3 bulan. Menariknya, setiap pencurian ia mempunyai kunci sendiri. Rustam memakai 7 kunci palsu khusus mobil jenis Kijang yang ulirnya berdasarkan tahun keluaran pabrik.

Rustam adalah pemain lama. Pernah pada 2008 ia melakukan pencurian mobil sebanyak tujuh unit, dan baru saja menghirup udara bebas pada Mei lalu. Hanya beberapa bulan, ia melakukan lagi pelanggaran pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Soal sebaran pengaduan kehilangan mobil, di wilayah Polsek Barat sebanyak 3 unit telah ditemukan, wilayah Timur sebanyak 4 unit dan telah ditemukan 3 unit. Sementara wilayah Polres ada 8 unit namun baru ditemukan sebanyak 5 unit. Dan, Polsek Selatan telah ditemukan 2 unit.

Saat ditanya oleh pihak penyidik, Rustam Kates mengatakan ia hanya mencuri mobil jenis Kijang. Ia membantah “tertarik” pada jenis mobil lain seperti Avanza, Xenia, atau Innova. Dan, menurutnya ada tersangka lain yang spesialis kunci palsu pada mobil tersebut. Untuk selanjutnya pemeriksaan Rustam masih terus dikembangkan, (IMAM)

One thought on “SPESIALIS PENCURI MOBIL DI SIKAT

    arie said:
    11 Desember 2011 pukul 8:16 PM

    semoga media buser online sukses dan terus berkarya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s