BMTR Selenggarakan Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Banten

Posted on

Banten, Buser Trans OnLine

Dalam rangka meningkatkan pelayanan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat  pengguna jalan raya di Banten.  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten pertengahan tahun 2011  menyelenggarakan kegiatan proyek pembangunan jalan, peningkatan jalan, rehabilitasi jalan dan proyek pelabaran jalan, dan pembangunan drainase dan gorong-gorong begitu juga Pembangunan Turap/Talud/Bronjong di beberapa ruas jalan provinsi, dari hasil pantauan Buser Trans OnLine, kegiatan yang dielenggarakan pihak BMTR Banten untuk Wilayah Selatan maupun Wilayah Utara   ada yang  sedang tahap pekerjaan dan dibeberapa ruas jalan provinsi itu, kegiatan sudah selesai dilaksanakan. 

Berdasarkan data dan informasi yang berasil dihimpun pada tahun anggaran 2010 lalu Pemprov Banten mengalokasikan anggaran senilai Rp. 25,100 Milliar  dana APBD untuk kegiatan pembebasan tanah guna pelebaran jalan. Sedangkan untuk tahun ini (2011), dana APBD Provinsi Banten yang dialokasikan untuk kegiatan serupa adalah senilai Rp. 28,867 Milliar  lebih  untuk kegiatan pembebasan lahan  untuk  pelebaran jalan,  diantaranya; ruas jalan KH. Hasyim Ashari,  ruas jalan Palima – Pandeglang, ruas jalan Abdul Hadi seluas, ruas jalan Abdul Fatah Hasan dan ruas jalan Lahan Jalan Pamulang Timur – Sp. Gaplek.

Selain itu, pada tahun anggaran 2010 lalu DBMTR Banten juga membebaskan sejumlah lahan simpang yang berada di Kota Serang, yakni lahan Simpang Empat Warung Pojok seluas, lahan Simpang Empat Brimob, dan lahan Simpang Tiga Cirendeu Kota Tangsel. Sementara kegiatan pembebesan tanah untuk pelebaran jalan pada tahun 2011 ini diantaranya adalah lahan ruas jalan Serang-Pandeglang, lahan ruas jalan Abdul Hadi (Kota Serang), lahan ruas jalan KH. Abd. Fatah Hasan (Kota Serang), lahan jalan Sempu – Cilaku – KP3B Kota Serang dan lahan ruas jalan KH. Hasyim Ashari.

Tidak itu saja, pada tahun anggarn 2011 ini pihak DBMTR Banten juga membebaskan lahan untuk pelebaran sejumlah kantor atau basecamp diantaranya UPR Picung, Kabupaten Pandeglang, lahan UPR Citorek, Kabupaten Lebak, lahan UPR Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, lahan UPR Tanara, Kabupaten Serang dan pembebasan lanjutan lahan untuk Kantor UPTJJ Wilayah Utara. Termasuk pembebasan lahan Simpang Tiga Sayabulu jalan TB. Suwandi Kota Serang. Selain itu, tahun 2011 ini juga membebaskan lahan untuk pelebaran jalan di atas jalan Tol (Jl. Pakupatan-Palima)  dan lahan pelebaran dan penggantian jembatan Ciladan 1 dan jembatan Ciladan 2 Kabupaten Lebak.

Ketua LSM BICC,  saat ditemui Buser Trans OnLine  di  Sekretariat BICC, Hanafi dalam menanggapai kegiatan yang diselenggarakan BMTR Banten dengan tegas ia menyatakan  dukungannya. Menurutnya, kegiatan pelebaran jalan merupakan solusi yang tepat untuk mengurangi kemacetan serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Untuk itu, kata Hanafi, setelah pelaksanaan kegiatan pembebasan tanah atau lahan pihak DBMTR Banten hendaknya dapat segera melakukan perbaikan maupun pembangunannya sesuai waktu yang direncanakan. Agar kondisi jalan-jalan tersebut dapat segera dimanfaatkan dengan nyaman oleh masyarakat, khususnya para pengguna jalan.

Hanafi menegaskan, hasil pembangunan infrastruktur jalan, tentunya harus   memenuhi spesifikasi teknis tentang jalan untuk mencapai umur rencana jalan. Karena jalan merupakan sarana transportasi, jika jalan dapat dinikmati dan melayani  masyarakat pengguna jalan tentunya investor   pun akan tertarik mengembangkan usahanya di Banten. Sudah barangtentu   perekonomian masyarakat akan meningkat.  Dan segala kegiatan yang dilaksanakan kita harapkan masyarakat turut mengawasai, agar  setiap  pelaksanaan  kegiatan yang diselenggarakan pihak  BMTR Banten selaku penyelenggara dapat berjalan dengan lancar, maksimal.  Pada intinya,   hasil pembangunan yang diselenggarakan itu harus sesuai skala preoritas pembangunan di Banten, tegasnya

Hingga berita ini diturunkan, sebagian kegiatan  pelebaran jalan yang diselenggarakan oleh DBMTR Banten sedang dalam tahap pelaksanaan, seperti halnya; Pembangunan, Peningkatan dan Rehabilitasi Jalan  dan pelebaran simpang jalan Simpang Empat Brimob Kota Serang dan jalan Sempu – Cilaku (Binsar Gultom/Buser Trans OnLine).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s