LASKAR TUMBANGKAN REZIM INCUMBENT

Posted on

Kab. Banggai kepulauan, Buser Ttrans

Akhirnya pasangan calon Drs Lania Laosa-Drs H Zakaria Kamindang (laskar) menumbangkan pasangan Incumbent Alias resim penguasa kabupaten banggai kepulawan (Bangkep) Drs H Irianto Malinggong, MM Drs Ehut Salamat (ires) dengan mengugguli perolehan suara sebanyak 5.853 suara, mengantar pasangan nomor urut satu laskar menjadi Bupati dan wakil Bupati Bangkep periode 2011-2016 dalam perhitungan perolehan suara terakhir laskar mendulang 39.242 suara, sedangkan pasangan Ires mendapat 33.389 suara di urutan ke tiga pasangan Drs Abubakar Nophan saleh Haran pea,SH sebanyak 24. 011 suara.

Rapat pleno KPU Kabupaten bangkep dengan agenda rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat KPU di hujani interupsi. Saksi tiga pasangan calon saling berdebat dan memukul meja berkali-kali sebagai tanda protes terhadap jalannya pleno yang dinilai tidak lagi sesuai tata tertib dan terjadi berbagai pelangaran.

Rapat pleno KPU kabupaten Bangkep yang di pimpin oleh nursastro salomo, S. Sos di dampingi tiga anggota KPU Bangkep dan koordinator wilayah (korwil) Kabupaten Banggai bangkep Syamsuddin Baco beberapa kali mengskorsing rapat pleno, karena ada terdapat kejangalan dalam rekapitulasi PPK Kecamatan, bahkan hasil rekapitulasi panitia pemilihan Kecamatan Bulagi di minta di batalkan dan melaksanakan pemilihan pemilukada kembali, karena formulir hasil rekapitulasi suara (DAA,C1,dan DA1 hilang di dalam kotak suara.

PPK  yang bertanggung jawab terhadap semua dokumen negara semuanya menolak melaporkan hasil rekapitulasi perhitungan suara Kecamatan Bulagi karena dokumen yang di laporkan tidak ada dalam kotak suara.

Ketua PPK kecamatan Bulagi Kisman Umar menolak membacakan hasil rekapitulasi itu. Karena dokumen negara formulir DAA, C1 dan DA1 tidak ada dalam kotak suara. Hal ini di sebabkan ada tim pasangan Laskar yang memaksa dan mengintimidasi PPK agar segera membawa kotak suara ke KPU Kabupaten Bangkep.
Kisman mengungkapkan pihaknya tidak mengetahui formulir yang hilang karena kotak suara terkunci oleh pihak lain, bahkan gembok kotak suara suda dan  terganti. Makanya, PPK Kecamatan Bulagi tidak mengetahui formulir apa saja yang di masukan ke dalam kotak suara, karena kondisinya tidak kondusif lagi saat itu akibatnya, KPU Kabupaten Bangkeb mengambil alih tugas dan kewenangan PPK Bulagi dengan mengeluarkan semua kotak suara lalu di hitung secara bersama sama hasil rekapitulasih perolehan suara dari semua TPS.

DOKUMEN HILANG.

Sementara itu Kapolres Bangkep AKBP Dadan, SH menegaskan hilangnya dokumen DAA, C1 dan
DA1 di PPK Bulagi adalah murni tindak pidana pencurian. Formulir itu adalah dokumen negara yang seharusnya di amankan oleh pihak penyelengara.

Untuk itu, kepolisian resort Bangkep (polres) Bangkep menunggu laporan panwaslu terhadap hilangnya dokumen negara itu. Kalau suda ada laporan maka saya akan tindaklanjuti dan  menyelidiki siapa yang melakukan tindakan pidana pencurian dan mengambil  terhadap dokumen negara tersebut tegas Kapolres rabu 13/7 kemarin.

Koordinator  wilaya (koorwil) Kabupaten Bangai Bangkep, KPU provinsi sulteng  Syamsudin Batco
mengatakan, penyelengara pemilu kada di Kecamatan Bulagi terdapat pelangaran khusus yang mengakibatkan hilangnya dokumen negara kalau PPK Kecamatan Bulagi menolak bertanggung jawab hilangnya dokumen itu PPK Bulagi harus menunjukan siapa yang melakukan ulah dan mengambil dokumen itu. Dan hilangnya dokumen itu, merupakan kasus tindak pidana murni, bukan di katagorikan pidana pemilihan Umum (pemilu).

Contoh tindak pidana pemilu adalah adanya pengelembungan suara, politik uang dan sebagainya. Tetapi, hilangnya formulir DAA, C1 dan DA1 bukan pidana pemilu, tetapi masuk dalam kategori pidana murni yang harus di proses sesuai hukum yang berlaku.(red/Buser Trans)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s