Pasar Saham Ambruk Berkah Bagi Emas

Posted on

YOGYA –Buser Trans Online

Harga emas semakin menjulang, tapi masyarakat tidak keberatan mengeluarkan koceknya mendapatkannya. Entah emas sebagai perhiasan maupun investasi. Artinya, ambruknya pasar saham dunia membawa berkah bagi emas.

Logam mulia ini kembali melonjak tajam hingga lebih dari 2%,menembus rekor tertinggi sejarah di atas USD1.877/ons (Senin, 22/8). Banyak orang tidak menduga permintaan logam mulia ini mendorong kenaikan harga emas yang cepat.

Lantas, bagaimana cara tepat manfaatkan setiap momentum di pasar saat ini? Menurut pengamat dan sekaligus pelaku pasar, R Hoe Herianto Kurniawan MBA, pilihan membeli emas puluhan kilogram, tentu menjadi pilihan yang menarik.

“Kita tetap punya peluang membeli emas dengan nilai yang sama, tapi dengan tingkat modal yang jauh lebih kecil. Inilah yang dimaksud dengan sistem leverage,” ujar pemilik Toko Emas Kranggan Yogya.

Menariknya sistem ini memungkinkan membeli emas senilai 3,11 kg hanya dengan modal Rp10 juta. Koh Bing, demikian sapaan akrabnya, menggambarkan nilai kontrak 1 lot emas berjangka (XAU) adalah 100 troy once (31,1 gram/1 TZ).Maka,1 lotnya sejumlah 3.110 gram (gr) atau 100 x 31,1 gr.Anggap saja harga XAU di USD1.500/troy once dan rate USD berada di Rp8.500. Maka kita dapat menemukan harga 1 gr XAU = 1.500,00/31,1 gr x Rp8.500 = +Rp409.967/gr.

Misalnya, sama- sama membeli emas sebesar 1 lot setara 100 troy onceatau 3110 gr,maka diperdagangkan fisik akan butuh modal Rp409.967/gr x 3.110 gr = Rp1,27 miliar. Bandingkan dengan bertransaksi margin, hanya membutuhkan modal Rp- 10 juta dikarenakan 100 troy once= USD1.000.

Hanya, jelas Koh Bing, bertransaksi leverage juga diibaratkan pedang bermuka dua. “Tetap berhatihati menetapkan setiap keputusan transaksi. Satu kunci lain keberhasilan adalah kedisiplinan yang tinggi dalam bertransaksi,” pesan Koh Bing. Chol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s