Pengurusan KTP Nasional Tidak Dipungut Biaya

Posted on

Kab. Banggai, Buser Trans Online
Program KTP Nasional rencananya akan diberla kukan tahun 2012 depan. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Cata tan Sipil (Disdukcapil) Ka bupaten Banggai Drs. Yuten Koleba, ME, KTP yang menggunakan chips ini diberikan kepada mas yarakat secara gratis atau tidak di pungut biaya dalam hal pengurusan.
Namun, KTP elektronik tersebut bisa diproses apabila wajib KTP sudah memiliki nomor induk kependudukan (NIK). “KTP ini akan diproses, jika wajib KTP sudah memiliki NIK. Kalau belum ada NIK, kita tidak bisa mengeluarkan KTP tersebut,” jelas Yuten Koleba pada media ini saat di temui di kantornya, kamis lalu.
Dikatakannya, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan data NIK wajib KTP yang akan di kirim ke pusat, dan nantinya pusat akan menganggarkan pembiayaan sosialisasi, operasional dan mobilisasi massa tentang KTP Nasional gratis.
Hanya saja pihak Disdukcapil masih terkendala masalah data kepen dudukan wajib KTP. Pasal nya, KTP lama yang dikeluarkan secara manual  belum semua terdata. Akan tetapi pihaknya su dah melakukan pemuta hiran data baik di desa maupun kelurahan. Na mun tidak menutup kemu ngkinan ada masyarakat yang memiliki KTP lama dan masih belaku tidak terdata. “Kami berharap pihak kecamatan bisa melaporkan yang sebenar nya jumlah penduduknya yang sudah memi liki KTP baik yang lama maupun yang sekarang. Sehingga bisa diketahui jumlah masya rakat yang sudah memiliki KTP,” jelas Yuten.
Sambungnya, untuk jumlah sementara pendu duk yang sudah memiliki KTP ber-NIK Nasional  kurang lebih sebanyak 76.517 jiwa terdiri dari laki-laki 39.282 jiwa dan pe rempuan 37.235 jiwa. “Data tersebut hanya sementara, karena setiap hari jumlah wajib KTP ber tambah,”sebutnya.*(udin Buser Trans)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s