Perkara Gratifikasi Gendut Divonis 4 Tahun Langsung Banding

Posted on

YOGYA – Buser Trans Online

Terdakwa gratifikasi Gendut Sudarto yang didakwa menggangsir uang rakyat senilai Rp 500 Juta divonis empat tahun penjara  denda Rp 200 juta. Tapi usai   Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta membacakan vonisnya, Gendut langsung menyatakan banding, Rabu (24/8).

Sekadar catatan saja, Gendut dinyatakan bersalah sudah menerima uang dari Murod Irawan pada pengadaan buku ajar dari PT Balai Pustaka, oleh sebab itu Gendut terbukti terjerat pasal grafitikasi (suap) dan melanggar pasal pasal 12B ayat (2) UU No 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. 

Vonis yang ditetapkan Majelis Hakim yang terdiri dari Hakim Ketua Muhammad Nurzaman, Bahtra Yenny Warita dan Sri Purnamawati itu lebih rendah dari tuntuntan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang diketui Rini Triningsih yaitu lima tahun penjara dan mewajibkan mengembalikan dana sebesar Rp 250 Juta subside enam bulan penjara.

“Saudara diperkenankan bisa terima vonis ini atau mengajukan banding terhadap putusan ini,”ujar Hakim yang memimpin sidang selama lebih kurang empat jam itu.

Pada sidang vonis itu, Gendut tak ditemani oleh pengacara yang biasa mendampinginya yaitu, Achiel Suyanto dan Diana Ekowati.

Kali itu, Muhammad Jamaah selaku penasehat yang datang ke pengadilan langsung menyatakan keberatan dengan putusan Hakim. “Kami jelas banding dengan putusan itu, artinya putusan yang keluar tadi masih perlu dikaji secara hukum lagi,”katanya usai sidang. Chol

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s