Polda Tambah 9 Kamera CCTV

Posted on

YOGYA  — Buser Trans Online

Demi mengantisipasi dan memperluas jangkauan pemantauan daerah rawan macet, Direktorat Lalu lintas Polda DIY menambah sembilan kamera CCTV (Closed Circuit Television). Dengan penambahan 9 kamera ini, seluruhnya terdapat 24 titik terpantau CCTV.

Sembilan lokasi yang terpantau CCTV masing-masing depan Malioboro Mal,Simpang Empat Gondomanan,Simpang Empat Brantan, Simpang Empat Dlagran, Simpang Empat Galeria Mal, Simpang Tiga Gejayan, depan Polsek Pakem,depan Kebun Binatang Gembiraloka, dan Simpang Empat Sampakan.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Suharsono mengatakan, penambahan sembilan kamera CCTV ini diharapkan dapat memperkuat jangkauan pemantauan titik kepadatan. Sembilan kamera CCTV ini baru proses pemasangan dan diharapkan secepatnya dapat selesai untuk membantu pemantauan arus mudik Lebaran. ”Sejauh ini yang sudah terpasang ada 15 titik, dengan tambahan ini nanti ada 24 wilayah yang terpantau CCTV,” katanya.

Pengoperasionalan kamera CCTV sendiri langsung dilakukan dari Regional Traffic Management Center (RTMC) selama 24 jam yang berpusat di kantor Ditlantas Polda DIY. Selama mudik lebaran,RTMC juga menyediakan layanan call center ketupat dengan menghubungi nonor 9110 untuk pengguna Telkomsel, atau menghubungi (0274) 6995999 untuk RTMC Yogyakarta.

”Selain layanan call center, warga juga dapat mengakses informasi kondisi lalu lintas di Yogyakarta melalui akun facebook maupun twitter RTMC Yogya,”terang Suharsono. Hasil rekaman kamera CCTV langsung masuk di server National Traffic Management Center (NTMC) Kolantas Polri.

Jika terjadi proses kriminalitas jalanan, yang membutuhkan rekaman CCTV petugas bisa meminta rekaman untuk membantu proses penyelidikan. ”Kita juga bisa print outtapi dalam kondisi kendaraan berhenti, untuk rekaman CCTV kita bisa meminta di NTMC,” kata petugas Operator RTMC Yogyakarta, Aipda Atin Indranata.

Kapolda DIY Brigjen Pol Tjuk Basuki mengharapkan dengan adanya pemantauan melalui kamera CCTV, kepadatan arus lalu lintas selama mudik Lebaran yang berpotensi terjadi kemacetan dapat diantisipasi. Kepada warga yang melakukan mudik Lebaran agar dapat mengetahui kondisi lalu lintas di Yogyakarta juga dapat melakukan pengaduan melalui layanan yang telah disediakan. ”Kita harapkan kepada petugas, pelayanan kepada masyarakat lebih diutamakan,” tegas Kapolda.

Polda DIY sendiri telah bekerja sama dengan beberapa instansi lain menyiapkan empat jalur alternatif guna mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas yang berpotensi terjadi kemacetan selama mudik Lebaran. Chol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s