Curug Sindulang Perlu Pembenahan

Posted on

Curug Cindulang yang berlokasi di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka Kab. Bandung.

Cicalengka-Kelompok Penggerak Pariwisata Curug Cinulang mengajukan permohonan bantuan kucuran dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk penataan dan pengelolaan Objek Wisata Alam Curug Cinulang yang berada di perbatasan Kec. Cicalengka, Kab. Bandung dengan Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang. Pengajuan permohonan bantuan (proposal) kepada Provinsi Jabar melalui kerjasama dengan aparat desa dan kecamatan setempat itu, sudah disampaikan melalui Musrembang 2011 ini.

Diharapkan pada 2012 mendatang, pengajuan bantuan untuk pengelolaan dan penataan Objek Wisata Curug Cinulang itu bisa segera terealisasi. Karena sejak 1990 hingga sekarang ini, Curug Cinulang yang menjadi buruan wisatawan domestik dari luar kota itu belum pernah ada penataan secara maksimal,” kata Pengurus Kompepar Curug Cinulang, Mamat Rahmat (48) kepada sumek di Cicalengka, Jumat (2/9).
Menurut Mamat, dengan adanya harapan pengguliran anggaran hingga miliaran rupiah itu, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata yang ada di wilayah timur Kab. Bandung.  Selama ini, ia mengamati kondisi fisik Curug Cinulang kurang mendapat perhatian dan penataan hingga memadai. Sementara publikasi Curug Cinulang sudah cukup lama diketahui pemerintah terkait, selain ribuan orang yang sudah berkunjung ke lokasi wisata tersebut.    
Dia mengatakan, berdasarkan infomasi di lapangan, proposal usulan pengadaan dana untuk penataan Curug Cinulang itu sudah mendapat respon dari pihak provinsi. “Tinggal kami menunggu bukti nyatanya. Diharapkan proposal yang disampaikan 2011 ini, bisa dikucurkan anggarannya pada 2012 mendatang,” harapnya.
Ia mengatakan, perlu adanya penataan segera kawasan wisata tersebut, mengingat pasca-Hari Raya Idulfitri, pada setiap harinya itu dikunjungi antara 2000 hingga 3500 wisatawan domestik. Apalagi pada hari Sabtu dan Minggu, menjadi puncak kunjungan wisatawan. Mereka selain didominasi wisatawan asal Kabupaten dan Kota Bandung, asal luar kota juga banyak yang berburu liburan ke lokasi tersebut.
“Dari Jabodetabek, Karawang, Sumedang, Garut dan kota-kota lainnya juga banyak yang sengaja datang ke Curug Cinulang. Yang jelas setiap harinya itu mencapai ribuan orang yang berkunjung ke Curug Cinulang,” katanya.
Ia mengatakan, Curug Cinulang menjadi buruan para wisatawan, karena didukung dengan kondisi alam yang indah dan menarik. Pasalnya, berada pada kawasan perbukitan, sehingga udaranya pun cukup bersih. Selain itu, insfrastruktur ke lokasi wisata sangat mendukung, dengan kondisi jalan yang cukup bagus.  Dari pusat Kota Cicalengka itu sekitar 8 km.
Daya tarik keindahan alam itu bisa lebih ditingkatkan, jika didukung dengan peran serta dari pemerintah terkait dengan menggulirkan anggaran yang cukup. Dana itu bisa digunakan untuk melakukan penataan pembuatan beronjong, selter atau tempat istirahat pengunjung, tangga, MCK, musola, pos karcis, gapura, sarana parkir, kantor,  tempat istirahat dan fasilitas penunjang lainnya.
“Dengan adanya penataan lokasi wisata tersebut, sama dengan visi dan misi pariwisata yang selama ini disosialisasikan pemerintah,” katanya.
Ia mengatakan, dengan adanya penataan itu secara otomatis bisa meningkatkan pemberdayaan masyarakat setempat. (cr8)
Iklan

One thought on “Curug Sindulang Perlu Pembenahan

    muhtar said:
    14 Oktober 2013 pukul 12:03 PM

    tempatnya bagus udara bersih, prnh beberapakali sy kesana.
    apa sdh ada penginapan di tempat sekitar gan?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s