Citra Buruk Penanganan Pidana di Polsek kota Ciamis

Posted on

Kab. Ciamis, Buser Trans Online

Berawal dari laporan Yudi (29) ke Polsek Kota Ciamis, No LP STPL//1555/B/VIII/JBR/RES CMS/SEK CMS, pada tanggal 14 Agustus 2011 bahwa dirinya mengaku dianiaya Endih dan kawan kawan hari sabtu malam jam 21.00 wib di blok babakan lingk. Cilame Kelelurahan, Kecamatan dan Kab. Ciamis.

Kepada wartawan Yudi saat ditemui dirumahnya, mengaku di pukul bagian leher oleh Endih yang masih tenaga PNS di sekolah Paporit SMPN 8 Ciamis, kini Yudi merasakan lehernya sakit dan kurang nyaman saat makan.

Di tempat terpisah Endih pelaku penganiyaan, mengaku khilaf telah melakukan pemukulan bersama teman temannya ke pada Yudi, Ia pasrah mengahadapi hukum yang berlaku. Lain hal dengan kepala sekolah SMPN 8 Ciamis mengingikan diselesaikan secara kekeluargaan.

Kapolsek Ciamis Kompol Mujiran mengatakan pasal yang dikenakan kepada Endih 170 dan pasal 351 “nanti kita panggil dulu Endih dan dilihat hasi BAP (Berita Acara Penyidikan*red), kalau terbukti 170 kuat dan pasal 351 akan di juntokan” jelasnya.

Tapi sayang, sebelum proses berlanjut pihak keluarga korban menarik laporannya ke polsek, pihak polsekpun mempertimbangkan kasus tersebut untuk dilanjutkan sampai ke pengadilan. Kini membuat geram Ungkap sekjen LSM Penjara, melalui telepon selluler kepada redaksi Buser Trans Online menegaskan, kalaupun ada pencabutan perkara oleh korban diharapakan, setiap pidana apalagi pasal yang diterapkan 170,351 agar terus di peroses, dirinya melalui LSM Penjara akan terus mengawal kasus tersebut.

Lebih jauh Ungkap mengatakan, seandainya kasus tersebut dihentikan di Polsek akan menjadi citra buruk bagi penegakan hukum,harusnya Polisi melanjutkan pidanya sampai tuntas, sesuai aturan setiap penanganan kasus yang dilapaoran harus di selesaikan di pengadilarusnya atau keluar SP3 (Surat Penghentian Penyidikan Perkara),pungkasnya.

Tunggu berita selanjutnya pernyataan Kapolres Ciamis, Kadisdik dan Inspektorat atas kasus tersebut di Buser Trans Online.com dan Kompas.com melalui Kompasiana.com (red/buser trans online)

2 thoughts on “Citra Buruk Penanganan Pidana di Polsek kota Ciamis

    Vicky motalili said:
    11 Oktober 2011 pukul 9:15 AM

    Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-66 Di Poso Berlangsung Aman dan Hikmat

    Wednesday, 17 August 2011 00:00

    Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Tujuh Belas Agustus Negara Republik Indonesia di Kabupaten Poso ditandai dengan bunyi sirene yang menggema berlangsung dalam Upacara Pengibaran Sang Merah Putih oleh Pasukan Paskibraka Poso di Lapangan Sintuwu Maroso Poso Rabu, 17/08.Bertindak selaku Irup dalam Upacara Pengibaran Sang Merah Putih tersebut adalah Bupati Poso Drs, Piet Inkiriwang, MM dengan Komandan Upacara Kapten Infateri Stevi J. (Danki Bat.714 Sintuwu Maroso Poso). Sedangkan Komandan Paskibraka Letnan Dua Infanteri Pahajji dan yang dipercayakan membawa bendera kebangsaan Sri Irayanti (SMA 3 Poso).

    Dihadiri Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Wakil Bupati Poso Ir, T. Syamsuri, MSi, Sekab Poso Drs, Amdjad Lawasa, MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso Najamuddin, SPd, MPd,Rektor Para Pejabat dilingkungan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Para Veteran Poso, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Pers serta para undangan lainnya.HUT Republik Indonesia yang ke-66 tahun ini mengambil tema “ Dengan Semangat Nasional 17 Agustus 45 kita tingkatkan kesadaran dalam hidup kebhinekaan untuk kokohkan Persatuan NKRI, kita sukseskan kepemimpinan Indonesia dalam Forum Asean”Sekaitan dengan perayaan HUT proklamasi Republik Indonesia di kabupaten poso berbagai lomba diselenggarakan seperti lomba penghijauan dan konservasi alam wana lestari dimenangkan KTH Belosinggani dengan wilayah kerja Desa Toini Poso Pesisir, KTH Nantu Jaya dengan wilayah kerja Moengko Poso Kota. Sedangkan lomba desa dan kelurahan menetapkan Desa Bulili dan Kelurahan Mapane sebagai yang terbaik di Kabupaten PosoUntuk penerima tanda kehormatan Satya Lencana masing-masing diberikan kepada Anthony H. Tadjongga, S.Sos untuk karya satya lencana 30 tahun, Dalmin Lembah, Sag untuk satya lencana 20 tahun dan Satya Lencana 10 Tahun kepada Arief Tanda, SE.Meskipun dalam suasana menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan namun pelaksanaan Upacara Proklamasi Kemerdekaan tersebut berlangsung dengan lancer, aman dan sukses dengan menyertakan peserta upacara dari TNI, Polri, Pol PP, Perhubungan, PNS, Mahasiswa dan Siswa kabupaten Poso.

    Suka

    Vicky motalili said:
    11 Oktober 2011 pukul 9:16 AM

    Pemda Poso Terima Kunjungan Sesko TNI Tahun 2011

    Tuesday, 13 September 2011 00:00

    Wakil Bupati Poso Ir, T. Syamsuri, MSi bersama jajaran pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Poso menerima kunjungan Rombongan Siswa Sesko TNI Tahun 2011 di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso Selasa, 13/09/11. Dalam kunjungan tersebut ketua rombongan sesko TNI Tahun 2011 Brigjen TNI Dede K. Atmawijaya, memperkenalkan satu persatu rombongan yang datang berkunjung ke poso kepada para pejabat dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso yang hadir dalam acara orientasi dan pemaparan sekilas tentang sejarah dan potensi daerah kabupaten poso bersama siswa sesko.

    Wabup Syamsuri yang menyampaikan pemaparan tersebut mendapat antusias dari para siswa sesko TNI. Karena melihat kabupaten Poso sepuluh tahun terakhir yang dulunya dilanda konflik horizontal sudah sangat jauh berbeda hingga sekarang ini. Sehingga para siswa sesko TNI tersebut tertarik mengikuti orientasi yang disampaikan wabup. Olehnya itu wabup poso membeberkan langkah-langkah proaktif pemda poso dalam proses recoveri pasca konflik yang sejalan dengan program visi misi pemerintah daerah kabupaten poso tahun 2005-2010 yang berlanjut pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2015 dengan terpilihnya kembali Incumbent Drs, Piet Inkiriwang, MM berpasangan dengan Ir, T. Syamsuri, MSi.

    Disamping itu wabup poso juga mengungkap potensi-potensi dan sumber daya alam daerah kabupaten poso yang masih banyak belum dikelola secara maksimal demi peningkatan pendapatan asli daerah untuk kesejahteraan seluruh masyarakat kabupaten poso secara adil. Acara orientasi dan pemaparan tersebut diakhiri dengan pemberian cindera mata dari Pemerintah Daerah Kbipaten Poso kepada Siswa sesko TNI dan dilanjutkan dengan poto bersama para siswa / rombongan dengan para pejabat dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s