KOORDINATOR LPM-GARANSI KAB.NIAS, MINTA COPOT KA SDN 076085 SINDRONDRO

Posted on

Nias,Buser Trans.Online

Pemerintah pusat sedang giat-giatnya menujnang program pendidikan di seluruh wilayan Indonesia hingga ke pelosok desa, dimana penyaluran berbagai bantuan kepada anak-anak sekolah dimana saja terus mengalir bagaikan air sungai dari hilir menuju ke muara.Program pemerintah ini sudah sekian tahun telah berjalan dan sesuai dengan mekanisme yang sudah di tentukan.

Ketika sampai di SDN No 076085 Simdromdro Kecamatan Bawaolato Kabupaten Nias bantuan tersebut hanya sebagian yang tersalur seperti Dana PMT-AS (Pemberian Makanan Tambahan -Anak Siswa),Dana BOS (bantuan Operasi Sekolah ) dan termasuk gaji beberapa Guru PNS belum tersalurkan. Hal ini terungkap dari beberapa orang tua murid dan termasuk guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Berkat informasi tersebut maka di duga keras bahwa oknum   Kepala Sekolah SDN No 076085 Sindrondro Torozatulo Zai,Am.Pd  telah mengkorupsikan dana tersebut.

Menurut sumber yang layak di percaya Dana PMT-AS tersangkut di tangan kepala sekolah sekitar 30 kali pemberian di perkirakan sekitar Rp 21 juta rupiah. Dana Bos tahun ajaran 2010-2011 tersangkut di tangan kepala sekolah di perkirahkan  kurang lebih Rp 50 juta rupiah belum tersalur, seperti Honor GTT, Buku pelajaran dan lain-lain, Belum lagi dana Bos  tahun ajaran 2011-2012, hal ini lagi ada dugaan keras pemalsuan tanda tangan Komite Sekolah dalam pengajuan dana bos 2011-2012.

Sumber lagi mengatakan kepala sekolah SDN No 076085 Sindrondro Torozatulo zai ,Am.Pd di duga di bek-up oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias,sehingga kasus-kasus korupsinya termasuk pemalsuan tanda tangan yang sudah di laporkan di Kejaksaan Negeri Gunungsitoli tinggal begitu saja,artinya Kejaksaan Negeri Gunungsitoli diam, Mungkin atau di duga telah ada kesepakatan, kata sumber ketawa.

Yang sangat di sayangkan lagi kepada kepala sekolah adalah tertahannya gaji beberapa orang Guru PNS di tangannya hingga diturunkan berita ini belum ada realisasi pembayaran, dan hal ini pernah ada surat perjanjiannya di depan Ka UPT Kecamatan Bawalato Kab.Nias.

Saat awak oran ini konfirmasi kepada Kepala sekolah SDN No 076085 Sindrondro 17/11 kemarin ia membantah dengan tersendat-sendat sambil mengangkat tangannya bahwa semua hal tersebut tidak benar dan sudah di selesaikan katanya, saya sudah memberikan keterangan di Kejaksaan Negeri Gunungsitoli dan hal ini saya tidak ditahan karena tidak terbukti,tegasnya. Kalau masalah Gaji guru PNS dalam waktu yang tidak lama akan di bayarkan, keterlambatan tersebut karea beberapa surat-surat belum selesai, katanya singkat.

Ketika awak Koran ini konfirmasi kepada Ka.UPT Bawolato kamis 17/11 mengatakan kita sudah beberapa kali menegur kepala sekolah tersebut agar segera menyelesaikan masalah itu dan sudah ada surat perjanjianya kepada Guru PNS yang gajinya tertunda beberapa bulan yang lalu namun hal ini kembali lagi terulang, kalau Dana PMT-AS sudah kita ingatkan agar segera di salurkan begitu juga tentang dana bos. Jadi dalam hal ini kita akan segera buat pelaporan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias.

Saat di knfirmasikan kepada Ketua DPRD Kabupaten Nias melalui selulernya 18/11 kemarin, selulernya tidak aktif atau di luar jangkauan.

Koordinator LPM-Garansi Kab.Nias kepada Koran ini mengatakan diminta kepada Bupati Nias C/q BKD Kab Nias serta Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Nias agar mencopot Kepala SDN No 076085 Sindrondro atas nama  Torozatulo Zai Am.Pd karena diduga keras telah melakukan korupsi dan telah menelantarkan beberapa orang Guru PNS serta honorer yang melakukan tugasnya sebagai pendidik di sekolah tersebut.

Ditegaskan kepada Kepala SDN No 076085 Sindrondro agar segera merealisasikan hal-hal tersebut diatas dalam waktu singkat apalagi kepada Guru-guru PNS karena Gaji mereka itu adalah tumpuan keluarga mereka begitu juga kepada guru honorer apalagi dana PMT-AS.(Fesianus Ndraha)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s