Banggar DPRD Yogya Berkilah

Posted on

Yogya, Buser Trans Online

Wakil Ketua Badan Anggaran DPRD Yogyakarta, Sinarbiyat Nujanat, berkilah bahwa pengadaan mobil baru untuk Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) bersifat pinjam pakai.
“Itu bukan hibah kok hanya pinjam pakai. Tahun sebelumnya juga seperti itu,” ujar Sinarbiyat.

Sinar mengatakan, alasan pengadaan mobil baru untuk Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, Dandim 0734 maupun Kapolresta Yogyakarta, yaitu instansi tersebut secara kelembagaan bagian dari kemitraan Pemkot. “Tidak bisa menutup mata ini untuk kelancaran ketugasan lain di wilayah,” katanya.

Ironisme ini tak urung membetot perhatian aktifis anti korupsi. Menurut Peneliti Pukat UGM, Hidzfil Alim, Pemkot seharusnya menerapkan sewa jika mobil milik Pemkot dipinjam pakaikan. “Itu kan aset kalau pinjam pakai untuk waktu yang lama aturannya yang minjam itu harus menyewa,” katanya.

Selain itu, Pemkot juga harus punya Peraturan Daerah (Perda) Pengelolaan Aset sendiri. Soal pengadaan mobil baru juga harus melihat kebutuhan pengadaan instansi penting lain, misalnya, bidang pendidikan, kesehatan. “Harus dilihat urgensinya instansi seperti pendidikan, kesehatan yang harusnya diutamakan itu sudah tercukupi. Kalau belum pengadaan untuk Muspida mubadzir,” katanya. Lies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s