Jembatan Kali Opak Terancam Ambrol

Posted on Updated on

jembatan Kali Opak saat dilewati kendaraan bermuatan berat, kawatir jembatan tersebut ambruk karena sudah terkikis akibat dilewati lahar dingin.

SLEMAN—Buser Trans Online

Arus deras lahar dingin yang melewati Kali Opak belakangan mulai mengikis pondasi jembatan Kali Opak yang berada di dusun Banjarharjo, Bimomartani, Ngemplak Sleman. Kondisi ini semakin diperparah olah ratusan ratusan truk pengangkut pasir melalui jembatan ini setiap harinya.

Tak ayal, hilir mudik ratusan truk pengangkut pasir bukti telah menciptakan lubang menganga berdiameter kurang lebih 1 meter yang membahayakan pengguna jalan. Untuk mengantisipasi marahaya, warga sekitar menanam pohon pisang sebagai pertanda bolongnya jembatan.

Sekretaris Desa Argomulyo, Topo Harjono mengatakan, jembatan tersebut menjadi akses utama warga Cangkringan sekaligus jalur evakuasi. Menurutnya, lubang tersebut mulai terlihat sejak Minggu (27/11). Tapi hari berikutnya tambah besar. Konstruksi beton cepat terkikis karena banyak dilewati truk pasir. “Kalau jembatan ini rusak atau sampai terputus warga di Argomulyo terisolasi,” katanya saat ditemui di lokasi jembatan Banjarharjo.

Akses jembatan lain yang bisa digunakan adalah jembatan bailey di dusun Panggung Argomulyo dan Geblok Wukirsari Cangkringan. Jembatan gantung ini bisa dipakai mobil pribadi dan kendaraan sepeda motor. Bila terjadi aliran lahar, warga tidak berani melalui jembatan bailey lantaran takut roboh. Lies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s