Polri Buka Pendaftaran Calon Taruna Polisi

Posted on

Bandung, ( Buser Trans Online )

Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Kepolisian Daerah Jawa Barat, memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan Taruna Akademi Kepolisian Tahun Anggaran 2012. Pendaftaran sendiri, akan dibuka pada 23 April hingga 21 Mei 2012.

“Pendaftaran tidak dipungut biaya. Untuk informasi lebih lanjut, dapat membuka situs http://www.penerimaan.polri.go.id. Atau ke Polda di Derahnya setempat,” jelas Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Martinus Sitompul.

Kepada Hans Pardede dari Buser Trans Online, Martinus Sitompul menjelaskan, bahwa peserta melaksanakan pendaftaran yang diawali dengan registrasi secara online di situs http://www.penerimaan.polri.go.id. Kemudian, setelah mendapatkan ID, melaksanakan registrasi ke tempat pendaftaran di Biro SDM Polda Jabar dengan membawa berkas persyaratan yang telah diunduh di website.

Masih oleh Kombes Drs.  Martinus Sitompul, persyaratan umum bagi calon adalah  Warga Negara Indonesia (pria atau wanita), usia minimal 17 (tujuh belas) tahun maksimal 21 (dua puluh satu) tahun,  beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME., setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Polres setempat, sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan),  berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta belum pernah menikah.

Persyaratan lain, berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah IPA/IPS dengan rata-rata Hasil Ujian Akhir Nasional (HUAN) minimal 7 (tujuh) untuk jurusan IPA dan 7,25 (tujuh koma dua lima) untuk jurusan IPS dan bagi lulusan Tahun 2012 (yang masih kelas III) menggunakan nilai rata-rata Rapor Kelas III Semester 1 minimal 7 (tujuh) untuk jurusan IPA dan minimal 7,25 (tujuh koma dua lima) untuk jurusan IPS yang disahkan oleh kepala sekolah dan selanjutnya menggunakan surat tanda kelulusan dengan kriteria “lulus”.

Khusus bagi Brigadir Polisi masa dinas minimal 2 (dua) tahun, ranking 1-5 dan penilaian kinerja (SMK) baik sekali (nilai 49-54), usia maksimal 21 (dua puluh satu) tahun. Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) Pria 163 (seratus enam puluh tiga) cm, Wanita 160 (seratus enam puluh) cm.

Pembukaan pendidikan pembentukan Taruna Akpol tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2012 bertempat di Akademi Kepolisian Semarang dengan lama pendidikan selama empat tahun. Pangkat saat lulus yaitu Inspektur Polisi Dua (Ipda) bergelar Sarjana Ilmu Kepolisian dengan gaji Rp. 3.265.200, belum termasuk remunerasi.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda Jabar di Subbag Diapers Bag Dalpers Biro SDM Polda Jabar Jalan Soekarno Hatta Nomor 748, Kota Bandung. Atau menghubungi nomor telefon di (022) 7811386/7800011/7800012 dan fax (022) 7811386. Atau Polres/Polrestabes yang terdekat serta di situs http://diaperspoldajabar.net. ( Hans Pardede )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s