Pemerintah Dongkrak Kualitas Pendidikan

Posted on

KAB. BANDUNG, (Buser Trans Online).-

Memasuki tahun 2013 mendatang, fasilitas atau bangunan sekolah dasar (SD) di  sejumlah kecamatan di Kab. Bandung akan lebih representatif. Selain itu, fasilitas bangunannya pun akan terlihat lebih bagus dan kokoh. Pasalnya, pemerintah pada tahun 2012 ini sedang gebyar melaksanakan rehab bangunan SD. Di satu kecamatan itu terdapat puluhan SD yang sedang melaksanakan pembangunan rehab.

Setiap satu unit ruang kelas belajar, pemerintah telah menggelontorkan biaya mencapai puluhan juta rupiah. Ditambah bantuan yang digulirkan itu untuk penyediaan fasilitas mebeler. Tak hanya itu perhatian pemerintah juga terhadap fasilitas dan sarana pendidikan. Pemerintah juga telah menggulirkan pembangunan untuk fasilitas bangunan perpustakaan di sejumlah SD di masing-masing kecamatan.

Dananya pun tidak sedikit. Untuk pemenuhan kebutuhan bangunan perpustakaan itu, bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ditambah lagi untuk fasilitas buku pelajaran dan buku lainnya untuk melengkapi di dalam perpustakaan tersebut. Anggaran untuk penyediaan fasilitas pendidikan itu, berasal dari APBN dan APBD setempat.

Guna mendorong peningkatan fasilitas dan sarana pendidikan itu, pemerintah terkait harus terus melakukan pengawasan terhadap pelaksana pembangunan tersebut. Pasalnya, pelaksana pembangunan SD maupun perpustakaan itu, ada yang dikerjakan oleh pemborong dan swakelola.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Bandung, Drs. H. Agus Firman Zaini, M.Si., pada tahun mendatang, fasilitas bangunan sekolah SD di Kab. Bandung akan lebih bagus. “Dengan adanya perbaikan fasilitas pendidikan itu, maka secara otomatis akan meningkatkan semangat belajar para siswa. Termasuk kualitas pendidikan juga dengan sendirinya akan terdongkrak,” katanya.

Dengan adanya perbaikan fasilitas pendidikan itu, dipastikan menjadi harapan semua warga. Bahkan, salah seorang tokoh masyarakat di Majalaya, Kab. Bandung, Aep Saefullah, mengaku sempat berdialog dengan petugas dari Dinas Pendidikan Kab. Bandung. “Pada 2013 mendatang, fasilitas bangunan SD di Kab. Bandung bisa lebih bagus. Soalnya, saat ini pemerintah sedang melaksanakan pembangunan rehab sekolah,” katanya.

Aep sebagai warga setempat merasa bangga ketika ada kepedulian dari pemerintah dalam membangun sekolah untuk masyarakat luas. “Saya sebagai warga kabupaten Bandung tentunya merasa senang ketika fasilitas pendidikan banyak yang dibangun dan diperbaiki. Diharapkan dengan adanya pembangunan rehab sekolah-sekolah tersebut, dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, dapat mencerdaskan bangsa,” katanya.

Tidak hanya sekolah SD, sejumlah fasilitas bangunan SMP juga ada yang sedang melaksanakan rehab bangunan. Di antaranya SMPN 1 Majalaya, diketahui sedang melaksanakan rehab bangunan. Hal itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan pihak sekolah dalam merawat dan memperbaiki bangunan untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar sehari-hari. **

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s