Dinas Kesehatan Cimahi Tarik Dextro Di Pasaran

Posted on

Buser Trans online, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi memastikan bahwa pihaknya telah melakukan penarikan terhadap ribuan butir pil dextro yang dijual seluruh apotik yang ada di Kota Cimahi.

Kasie Farmamin Bidang Pelayanan Medis Dinkes Kota Cimahi, Elly Herlia mengatakan, penarikan sesuai dengan adanya surat edaran dari Kementerian Kesehatan yang mengharuskan setiap daerah untuk menarik obat dextro di pasaran.

“Sejak awal Juni secara bertahap kami telah melakukan penarikan dari setiap apotik di Kota Cimahi,” kata Elly kepada wartawan, di Pemkot Cimahi.

Dia menjelaskan obat tersebut ditarik dari peredarannya seiring dengan maraknya penyalahgunaan obat tersebut. Sebab, apabila melihat beberapa kasus ke belakang yang terjadi di sejumlah kota/kabupaten sering ditemukan adanya penyalahgunaan obat dextro.

Seharusnya oabat tersebut digunakan untuk penyembuhan pada serangan batuk, tapi pada kenyataannya tidak sedikit yang menyalahgunakannya dengan cara mengkonsumsi secara berlebihan sehingga mengakibatkan over dosis.

Sebagai gantinya, Kementerian Kesehatan dalam waktu dekan akan menyediakan obat serupa dengan jaminan yang lebih aman.

“Nantinya ada aturan baru seperti halnya penjualan yang bakal dibatasi. Kalau penjualan obat dextro kan terlihat bebas,” ungkapnya. (sumber Bisnis Com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s