PT Gracia Pharmido “Tidak benar Karyawan gajinya belum di bayar”

Posted on Updated on

pic_gracia_pharmindo02_02Kab.Sumedang. Buser Trans Online
“Rata-rata pendapatan upah yang mereka terima di perusahaan kami sebagai karyawan PT. Gracia Pharmindo sudah diatas upah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Jadi tidak benar kalau mereka mengatakan belum dibayar upahnya dan dibayar murah,”tutupnya Asep Hendra M Manager PT. Gracia Pharmindo.

PT Gracia Pharmindo (GP) yang berlokasi Kawasan Dwipapuri Kecamatan, Cimanggung bergerak dibidang farmasi saat ini sedang menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan para pekerja dari tanggal 12 Februari 2015 hingga 25 Februari 2015 yang melakukan mogok kerja.

Seperti yang disampaikan Manager PT Gracia Pharmindo, Asep Hendra M bahwa mereka para pekerja melakukan mogok kerja itu tidak sah dan tidak sesuai dengan UU no 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Kepmen 232/MEN/2003.

“Untuk itu perusahaan menyelesaikan permaslahan ini sesuai dengan UU no 2 tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan industrial,”terangnya kepada wartawan, kemarin.

Pihaknya melakukan tindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di ketenagkerjaan, yaitu  pekerja yang melakukan aksi mogok tidak sah dari tanggal 12 Februari 2015 sampai dengan 25 Februari 2015.

Mereka para karyawan itu dikategorikan mangkir yang dikualifikasikan sebagai pengunduran diri sesuai dengan Pasal 168 ayat (1) UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juncto Kepmen 232/MEN/2003 dan Peraturan Perusahaan pasal 14, pasal 15 ayat 2 PT. Gracia Pharmindo.

“Mereka tidak bisa membuktikan walaupun kami sudah memanggil 2 (dua) kali secara patut dan merundingkannya secara Bipartit,”ungkapnya.

Selanjutnya, kasus tersebut sudah sampai di Dinas Sosial dan Tenagakerja (Dinsosnaker), Kabupaten Sumedang , dan sedang dilakukan mediasi oleh mediator.

Selanjutnya, perusahaan sudah menyelesaikan hak-hak karyawan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan kami merasa terpojokan dan tercemarkan oleh pernyataan Dayat dan pengurus PEPPSI yang notabene bahwa saudara Hidayat  bukan karyawan PT. Gracia Pharmindo.

Sedangan jumlah pekerja itu ada 71 orang yang dikualifikasikan mengundurkan diri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan demikian, perusahaan sudah membayar upah pekerja periode bulan Desember 2014 – Januari 2015 yang dibayarkan pada tanggal 31 Januari 2015 dan Periode Januari – Februari 2015 upah dibayarkan pada  tanggal 28 Februari 2015 (upah bulan Februari yang mogok sampai dengan tanggal 11 Februari 2015 ) dibayar proporsional. (Iwan Taruna/Buser Trans Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s