Dadan Hemawan : Demo KASBI “Liar”

Posted on

Kelompok Buruh yang tergabung Dalam KASBI, Melakukan unjuk rasa menentang kebijakan perusahaan yang dianggapnya sewenang -wenang.
Kelompok Buruh yang tergabung Dalam KASBI, Melakukan unjuk rasa menentang kebijakan perusahaan yang dianggapnya sewenang -wenang.

Sumedang. Buser Trans Online

Aksi Unjuk rasa serikat buruh KASBI (Kongres Aliansi Buruh Indonesia) di depan PT Addira Semesta Industri Rabu. (9/9) di dianggap Dadan hermawan selaku wakil dari perusahaan adira dianggap demo tersebut “Liar”. Hal ini dikatakannya, saat jumpa pers Di kanton Adira Jln. Parakan Muncang Dusun Cicabe RT03, RW 05 Desa Sinanggalih Kec, Cimanggung Sumedang.

Unjuk rasa buruh dipicu kebijakan perusahaan yang PHK ( Putus Hubungan Kerja ) 2 karyawannya, buruh juga menuntut agar tenaga kerja yang direkrut dari warga sekitar perusahaan”Kami mendengar adanya permainan uang untuk perekrutan karyawan”jelas pengunjukrasa. serikat pekerja yang berpakaian dominan warna merah dalam aksinya membawa beberapa aktribu seperti, bendera simbul oganisasinya serta kendaraan terbuka lengkap dengan pengeras suara untuk berorasi diatasnya. sepat terjadi dorong pagar dan gedor gerbang pabrik PT Adira semesta industry yang memprokduksi kulit.

Sempat memanas saat orator meminta pintu dibuka, namun, tidak berlangsung lama karena situasi cepat diredam oleh angotanya sendiri.

Dadan Hermawan kuasa dari perusahan tersebut, kepada buser trans online menuturkan, permasalahan ini murni permasalahan karyawan dengan pihak perusahaan, menurutnya ada 2 serikat pekerja, yaitu 75 persen karyawannya menjadi anggota SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ) dan 25 persen Anggota KASBI, Suhaya dan Wahidin di phk adalah anggota KASBI menolak di PHK, isu di hembuskan kasbi merangkul isu masyarakat tentang perekrutan karyawan sekitar “padahal, kami sudah mengakomodir warga sekitar untuk masuk kerja”, ungkapnya.

Demo KASBI menurut Dadan adalah liar tidak sesuai dengan surat yang dikirim KASBI yaitu di tempat umum, namun, kenyataannya mereka unjukrasa dilokasi khusus perusahaan. Seperti, pintu masuk pabrik” Lanjut Dadan.
Selai itu, perusahan membantah ada permainan uang dalam perekrutan karyawan,semua perekrutan karyawan sudah melalui prosedur yang ada, melalui perangkat pemerintahan setempat.

Tuntutan mereka ( karyawan demo red* ) ingin memperkerjakan 5 orang di PHK, “sama sekali kami tidak mem- PHK Karyawan yang ada tidak melanjutkan masa konterak mereka”.Jelas Dadan, sedangkan masa kontrak yang 5 orang tidak diperpanjang terbentur aturan pemerintah yang tidak bisa melanjutkan masa kontarak karena sudah 2 kali diperpanjang. Kondite mereka juga kurang baik, pungkas Dadan.

Kapolsek Cimanggung Kompol Taufan TS, kepada wartawan mengatakan,unjuk rasa digelar dari jam0 07:00 wib hingga 10:00 wib oleh serikat pekerja KASBI secara keseluruhan keadaan kondusip, rencanya serikat pekerja menurunkan 300 anggotanya, sesuai surat yang dikirim mereka ke kami, ujarnya kapolsek. Selanjutnya serikat pekerja melanjukan perjalan ke DPRD Sumedang. Untuk mengeluhkan yang menjadi keinginannya.(Bayu Sopandi/Buser)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s