Perjalanan Ciungwanara Ciamis

Posted on

IMG-20160413-00070

CIAMIS. Buser Trans Online

Situs ini terletak di Desa Karang Kamulyan, Kecamatan Cijenjing Kabupaten   Ciamis. Dahulu kala terdapat kerajaan Galuh dengan Rajanya Prabu Adi Mulya Permana Kusuma, mempunyai permaisuri 3 orang, 1.Dewi Naganingrum, 2.Dewi Pangrenyep, 3. Dewi Maharaja Sakti Utama.

Dewi Naganingrum mempunyai anak bernama Ciung Wanara, Dewi Pangrenyep mempunyai anak bernama Hariang Benga, Dewi Maharaja Sakti Utama tinggal di daerah Nusakambangan.

Patih Bondan mengeluarkan selebaran bahwa tiap permaisuri yang melahirkan maka anaknya harus dibunuh, supaya tidak ada yang melanjutkan pawaris tahta kerajaan. Dengan menyuruh lengser Ciung Wanara. begitu lahir, di hanyutkan ke Sungai Sipatahunan, di sebuah kerangjang yang dibekali sebuah telur dan ditemukan oleh Aki Balangantrang serta Nini Balangantrang, lalu bayi merah itu di pelihara sampai besar dan telur yang dusertakan di sebuah keranjang di tetaskan oleh Naga Wiru jadi ayam jantan (di daerah Sentul ).

Ciung Wanara waktu kecil ditemani oleh se-ekor burung yaitu Ciung dan monyet yaitu Manara atau Wanara. Ciung Wanara tumbuh menjadi jejaka perkasa. Pada suatu hari Patih Bondan mengadakan sayembara ‘’ Sabung Ayam’’, siapa yang menang akan di berikan sebagian kerajaan, sayembara ini terdengar oleh Ciung Wanara, maka iapun berangkat ke Kerajaan Galuh.

Sesampainya di kerajaan Galuh maka ia melihat sabung ayam, semua ayam tumbang oleh ayam Raja. Tinggal ayam yang punya Ciung Wanara ,maka ayam sang Raja beradu dengan ayam Ciung Wanara, pertarungannya cukup seru, ayam sang Raja kalah ayam Ciung Wanara sebagai pemenangnya .(Entis Soetisna Senjaya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s