Peserta di Tasikmalaya yang Belum Mendapatkan Ruangan Dipersilakan Login Kembali

Posted on

Dikarenakan kuota Subpanlok Tasikmalaya telah penuh, seluruh peserta yang telah mendaftar sebelumnya namun belum mendapatkan ruangan silakan login kembali di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Setelah login, peserta dipersilakan memilih lokasi ujian di Panlok 34 Bandung atau Panlok terdekat lainnya selain Tasikmalaya. Bagi peserta yang kesulitan dalam mengubah pilihan lokasi ujian harap segera melapor ke sekretariat SBMPTN 2016.

 

Belum Cetak Kartu Peserta, Belum Dinyatakan Sebagai Peserta SBMPTN 2016

 

Tahap terakhir pendaftaran online SBMPTN 2016 adalah mencetak Kartu Tanda Peserta. Apabila calon peserta belum mencetak Kartu Tanda Peserta, maka calon peserta tersebut tidak bisa mengikuti ujian karena status yang bersangkutan dinyatakan belum resmi menjadi peserta SBMPTN 2016.

 

Pada Kartu Tanda Peserta tercantum nomor peserta, nama peserta, kelompok ujian, tahun ijazah, alamat peserta, pasfoto peserta, jadwal pelaksanaan ujian, perlengkapan yang harus dibawa saat ujian, alamat peserta pada saat mengikuti ujian (berikut nomor telepon, ditulis tangan), pilihan program studi, lokasi ujian, jenis ujian yang dipilih (CBT atau PBT), dan kalimat pernyataan dilengkapi tanda tangan peserta. Apabila calon peserta tidak mencetak Kartu tersebut, calon peserta tidak akan mengetahui informasi-informasi penting seperti lokasi dan jadwal ujian sehingga otomatis yang bersangkutan tidak akan bisa mengikuti pelaksanaan ujian.

 

Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016 merupakan salah satu persyaratan yang wajib dibawa peserta ketika pelaksanaan ujian (tertulis/keterampilan) berlangsung dan juga akan digunakan ketika melakukan pendaftaran ulang SBMPTN ke PTN yang dipilih. Maka dari itu, panitia menghimbau kepada calon peserta yang telah mendaftar online dan belum melakukan cetak Kartu, untuk segera melakukan cetak Kartu Tanda Peserta sebelum pendaftaran online SBMPTN 2016 ditutup pada tanggal 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

 

Berikut langkah-langkah mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016 untuk calon peserta yang telah melakukan pendaftaran online namun belum cetak kartu :

  1. Peserta mengakses http://pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk melakukan login dengan menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki
  2. Laman pendaftaran SBMPTN 2016 akan menampilkan laman Konfirmasi Data Borang Peserta
  3. Peserta memeriksa data yang telah diisi dan melakukan konfirmasi dengan meng-klik opsi “Saya Setuju” jika data yang diisikan sudah benar
  4. Peserta kemudian meng-klik opsi Kartu yang tercantum di bagian bawah data pada laman Konfirmasi Data Borang Peserta
  5. Laman SBMPTN 2016 akan menampilkan Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016
  6. Calon peserta meng-klik opsi Cetak untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016

 

Selain Kartu Tanda Peserta, peserta juga diharuskan menyimpan baik-baik lembar informasi KAP dan PIN baik hardcopy maupun softsopy.

 

Perbedaan Kartu Tanda Peserta Ujian PBT dan CBT

 

Pada tahun 2016 ini, panitia tidak hanya menyelenggarakan ujian tertulis dengan metode Paper Based Testing (PBT) saja tapi juga dengan metode Computer Based Testing (CBT) bagi kelompok ujian Saintek dan Soshum. Adapun perbedaan kartu tanda peserta ujian CBT dan PBT hanya terletak pada kolom lokasi ujian. Pada kolom tersebut tertera jenis pilihan ujian (CBT atau PBT) serta lokasi tempat peserta melaksanakan ujian. Bagi keduanya tetap diharuskan membawa kartu tanda peserta, fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau tanda lulus asli, dan alat tulis.

 

Tidak Ada Ketentuan Khusus Untuk Kartu Tanda Peserta SBMPTN

 

Tidak ada ketentuan khusus untuk jenis dan ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016. Hal terpenting yang harus diperhatikan oleh peserta yaitu foto dan tulisan yang tercantum pada Kartu Tanda Peserta harus bisa terbaca dengan jelas. Hal ini dikarenakan informasi-informasi yang tercantum pada Kartu Tanda Peserta akan digunakan oleh panitia untuk mengidentifikasi para peserta yang akan mengikuti ujian SBMPTN 2016. Maka dari itu, peserta wajib memastikan Kartu Tanda Peserta tercetak dengan jelas demi kelancaran peserta saat mengikuti pelaksanaan ujian SBMPTN 2016.

 

JUMLAH PENDAFTAR SUB-PANLOK BANDUNG TANGGAL 13MEI 2016 PUKUL 10.45 WIB

 

Sementara itu, pendaftar di Subpanlok Bandung sudah mencapai 19.674 peserta. Panitia menghimbau kepada seluruh calon peserta SMBPTN 2016 untuk menyegerakan pendaftaran untuk menghindari kepadatan akses internet.

 

KelompokUjian JumlahPendaftar
Saintek 7.177
Soshum 9.635
Campuran 2.862
TOTAL 19.674

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

 

  • Sekretariat SBMPTN 2016 Panitia Lokal Bandung di Kampus ITB, Jl. Ganesha No. 10 Bandung, GedungInformation Centre
  • Telp (022) 2511999/ Fax (022) 2508137
  • Website: http://sbmptn.ac.id
  • E-mail: sbmptnbdg@gmail.com
  • Twitter: @sbmptnbdg
  • Helpdesk:http://halo.sbmptn.ac.id
  • Call Centre SBMPTN 2016: 0804-1-456-456

 

 

PANITIA LOKAL 34 BANDUNG

SBMPTN 2016

Sub Bidang Humas,

 

 

Soni A. Nulhaqim

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s