Kapal Pisang VI Ditemukan, 11 ABK Belum Ditemukan

Posted on Updated on

752016144654PANGANDARAN BUSERTRANS –

Pencarian Kapal Pisang VI yang dilaporkan los kontak dan terbalik dihantam gelombang besar di semenanjung Pangandaran Jawa Barat akhirnya menemukan terang.

Setelah seorang nelayan asal Pamayang Tasikmalaya Jawa Barat, melaporkan penemuan Kapal dengan kondisi terbalik di Perairan di Legok Jawa, Posisi 07 49 29 LS/108 28 25 BT Lk 800 Yard dari Suar Legok Jawa, sekitar pukul 07.30 WIB, Jumat 5 Agustus 2016.

Tim SAR Gab (TNI AL,Basarnas dan Polair) selanjutnya melaksanakan pencarian menuju lokasi sesuai laporan tersebut, karena dikhawatirkan bangkai kapal hilang lagi.

Pada pukul 09.15 Tim SAR Gabungan tiba di TKP sesuai laporan dan Bangkai kapal tersebut akhirnya ditemukan.

Setelah diyakinkan dengan bertanya kepada pengurus kapal Wanto dari Cilacap bahwa Bangkai kapal tsb adalah Pisang VI yang telah Lost Contak dari mulai hari Jumat 29 Juli 2016.

Untuk lebih meyakinkan, dilakukan penyelaman di haluan kapal untuk melihat nama kapal dan ternyata benar bahwa kapal tersebut adalah KM Pisang VI. Namun di bawah badan kapal tidak ditemukan 11 orang ABK yang hilang.

Atas hasil tersebut, Wanto selaku Pengurus Kapal yang memantau perkembangan pencarian, memutuskan mengevakuasi dengan cara menyeret kapal tersebut dengan menggunakan KM Jaya Prima I dan KM BiruPerkasa II untuk dibawa ke Cilacap Jawa Tengah.

Wanto juga menyampaikan akan didatangkan 1 kapal lagi yaitu KM Mega II untuk membantu evakuasi bangkai kapal karena untuk dapat sampai ke Cilacap harus melawan arus dan angin laut.

Selanjutnya pada Pkl 11.30 WIB untuk sementara evakuasi dengan cara menyeret bangkai kapal ke Cilacap menggunakan 2 kapal.

Hingga kini 11 ABK KM Pisang VI Asal Pemalang Jawa Tengah yaitu Bayu Aryawan, Danang, Teguh, Fresmo, Aris, Arisman, Agus, Eko, Kunto, Latif dan Karjo masih dinyatakan hilang dan belum diketahui nasibnya.
(Ateng Jaelani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s