RATUSAN PELAJAR DI PANGANDARAN DIAJARI SIAGA HADAPI BENCANA

Video Posted on

unnamed-2

Kab Pangandaran , Buser Trans Online

 Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menekankan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangannya. Pasalnya Jeje meyakini bahwa bencana yang terjadi disebabkan karena keseimbangan alam telah bergeser akibat ulah manusia.

Hal itu disampaikan Bupati Jeje dalam sambutannya saat membuka kegiatan SAR Goes To School, yang diadakan Basarnas Kantor Sar Bandung dan Disdikbudpora Pangandandaran, di GOR SMA Negeri 1 Parigi, Jumat (23/09).

“Kita memang hidup di negara dengan sumber daya alam yang luar biasa. Namun secara geografis berada di wilayah yang rawan bencana maka tema dalam kegiatan ini sangat tepat,” kata Jeje.

Jeje mengingatkan masyarakat memang harus meningkatkan terus kewaspadaan dan harus menjaga keseimbangan alam.

“Di pesisir harus waspada tsunami, di dataran rendah harus waspada banjir bandang dari sungai, sementara di dataran tinggi harus waspada terhadap longsor,” jelanya.

Jeje mencontohkan, saat ini hujan dua hari saja Padaherang dan Kalipucang banjir. Begitu pula saat tidak ada hujan beberapa minggu sungai langsung kering.

“Ini menunjukkan bahwa keseimbangan alam sudah terganggu,” tegasnya.

Kegiatan yang ditujukan bagi generasi muda terutama para pelajar ini, mengambil tema mewujudkan generasi pelajar yangan peduli akan SAR.

Sementara itu Kasi Potensi Kantor SAR Bandung, Heri Marantika mengatakan, ratusan pelajar untuk memberikan pemahaman bahwa setiap saat kita harus siaga menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja.

“Para pelajar juga diberikan pemahaman bagaimana menyikapi berbagai gejala alam yang dapat mengakibatkan bencana dan cara meminimalisir korban dan kerugian,” katanya. (ateng jaelani) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s