Ratusan Hektare Lahan Pesawahan di Pangandaran Terancam Gagal Tanam

Posted on Updated on

PANGANDARAN. Buser Trans OnlineSeluas 121 hektare areal pesawahan warga di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran gagal melakukan masa tanam benih padi.

Kepala Seksi Tanaman Pangan Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Kelautan Pertanian Kehutanan (DKPK) Kabupaten Pangandaran Rusyana mengatakan kegagalan masa tanam tersebut disebabkan karena lokasi areal pesawahaan terendam luapan air sungai Citanduy.

“Luas areal pesawahan se Kabupaten Pangandaran 16.374 hektare dari angka tersebut yang sudah melaksanakan tanam seluas 16.253 hektare dan belum melaksanakan masa tanam seluas 121 hektare,” kata Rusyana.

Masih dikatakan Rusyana, kegagalan masa tanam tersebut sudah ditindaklanjuti dalam rapat koordinasi yang melibatkan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) di Kota Banjar.

“Hasil rapat koordinasi menyepakati pihak BBWS akan melakukan pengerukan areal sungai Citanduy pada tahun 2018 dan saat ini sudah disusun DED normalisasi sungai,” tambahnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan di lokasi yang saat ini belum melaksanakan tanam pihaknya sudah merencanakan penyediaan lumbung padi Kabupaten.

Sementara Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Kelautan Pertanian Kehutanan (DKPK) Kabupaten Pangandaran Tata Sujana mengatakan, dengan adanya keterlambatan masa tanam tersebut mengancam pada kebutuhan pangan di masyarakat.

“Untuk mengantisipasi kekurangan pangan kami sudah berupaya agar areal pesawahan yang sudah melaksanakaan masa tanam agar dimaksimalkan,” kata Tata.

Hal tersebut dilakukan dengan cara sistem tanam legowo dua dan legowo empat dengan cara menanam kualitas Varitas Unggul Baru dan menganjurkan benih dari jenis ciherang, mekongga, IR dan Inpari.

“Sistem tanam legowo dua dan legowo empat diyakini akan mengantisipasi kekurangan pangan karena dapat mengantisipasi serangan hama dan hasil produksi tanamnya bagus,” pungkas Tata. (ateng jaelani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s