Bukti Nyata LPKSM Siliwangi Buat Masyarakat

Posted on

SUMEDANG, Buser Trans online

 Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Siliwangi DPD Jawa Barat siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum. Dimana masyarakat pada umumnya bisa memberikan pengaduan yang tepat, LPKSM sendiri adalah anak dari Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

“BPSK sendiri diketuai oleh Disperindag, nah masyarakat bisa mengadukan persoalan yang berkaitan dengan hukum untuk mendapat perlindungan sebagai konsumen,” terang Ketua LKSM Siliwangi DPD Jawa Barat, H. Gindra Ruhikmat kepada eljabar.com di kantornya Komplek Perumahan Alam Asri Blok 27/29, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.
Menurutnya, lembaga ini telah diatur oleh UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen yang benar-benar memerlukan bantuan hukum yang selama ini masyarakat kurang paham tentang hukum.
“Jika itu selalu dibiarkan terus menerus maka pembodohan terhadap masyarakat, sehingga masyarakat kehilangan haknya sebagai pemilik barang yang mereka kredit baik melalui Bank atau tempat mengangsur utang mereka,” terangnya.
Banyak persoalan yang terjadi di masyarakat, dan mereka tidak mengerti harus mengadu kemana. “Salah satu contoh saat ini keberadaan elpiji ukuran 3 kg susah didapat. Konsumen berhak mempertanyakan dan mengadukan soal itu. Tentunya kami siap membantunya,” ucapnya.
Selain itu, pihaknya juga menyoroti maraknya mini market yang terus bermunculan hingga masuk perkampungan. Itu juga perlu adanya pemantauan. Masyarakat sudah banyak yang mendatangi kantornya untuk melaporkan tentang permasalahan yang mereka alami.
“Pengaduan yang disampaikan terutama soal utang piutang mereka dengan pihak bank sehingga rumah mereka disita oleh bank. Jika rumah mereka disita, tentu mereka kehilangan tempat tinggal,” katanya.
Pihaknya siap membantu masyarakat dalam ruang lingkup atau peraturan sektor terkait dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen baik barang maupun jasa.  Yudis/net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s