Hujan Deras Membuat Tebing Longsor di Cicalengka

Posted on

Kab. Bandung buser trans online

Hujan deras disertai angin kencang, Jumat (9/12) sekitar pukul 14.00 WIB, mengakibatkan tebing setinggi 8 sampai 10 meter sepanjang 400 meter mengalami longsor dan menimpa rumah warga di blok A RT 02 RW 10 Desa Babakan peuteuy, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung.

Longsoran tanah menimpa tujuh rumah warga, yaitu milik Kusnadi (43), Bayu (50), Rohendi, Abah Ence (64), Ajat (50), Rosita (43) dan rumah Wildan (27). Sementara itu di blok tersebut terdapat sebanyak 33 rumah yang terancam terkena longsoran tanah.

“Potensi terjadi longsor susulan masih besar mengingat hujan masih terus mengguyur,” kata Ketua RW 10, Dwiwarso Ketua RW 10 di lokasi kejadian.

Berdasarkan pantauan di Tempat Kejadian Perkara (TKP), terlihat retakan tanah yang berpotensi untuk terjadi longsor susulan. “Sudah ada retakan tanah yang akan mengakibatkan longsor susulan,” sambungnya.

Selain di blok A, pergeseran tanah pun terjadi di blok B RT 01/10. Tebing setinggi 10 meter dengan panjang 200 meter juga mengancam sebanyak 15 rumah warga tersebut. “Sebanyak 50 jumlah jiwa terancam longsoran tanah di dua blok tersebut,” jelas Dwi.

Untuk mengantisipasi longsoran tanah susulan tersebut untuk sementara warga di dua blok di ungsikan ke posko di sekretariat RW setempat. “Untuk jaga-jaga longsor susulan warga diungsikan di posko sementara,” kata swi lagi.

Sementara itu, Kepala Desa Babakan Peutey, Abdul Rohim S.Pdi.MM di lokasi kejadian menyebutkan, harus ada solusi untuk menanggulangi berbagai peristiwa bencana, termasuk di lokasi longsor ini melihat panjang dan tingginya tebing.”Harus ada solusi dari pemerintah, terlepas siapa yang nantinya harus bertanggung jawab,” tuturnya.

Selain di Desa Babakan Peuteuy, beberapa desa di Cicalengka pun terkena musibah. Genangan air luapan sungai Desa Panenjoan RW 02, 6 dan 10. Akibatnya jalur SPBU tidak dapat dilalui.

Kemudian, di RT 03 dan 04 RW 13 di Desa Cicalengka Wetan, sejumlah rumah terendam banjir akibat tersumbatnya irigasi karena robohnya pohon beringin. Selanjutnya, 4 rumah terendam banjir, di Desa Tenjolaya dan di Desa Tanjungwangi. Nurdin/net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s