PETANI IKAN CIRATA KELUHKAN ECENG GONDOK.

Posted on Updated on

Bandung Barat Buser Trans.

     Pesatnya pertumbuhan eceng gondok di kolam cirata serta menyebar luasnya pertumbuhannya sehingga  para petani ikan banyak yang mengeluh. Selain meng hambat transportasi air, juga menghambat masa  pertumbuhan ikan .  

            Menurut bapak Usman Hermawan (45) salah seorang petani ikan di kolam cirata:  “petani ikan banyak yang mengalami kerugian”.Pria kelahiran desa Nyenang kec Cipendeuy kab Bandung Barat ini menambahkan :Kami sangat sulit untuk mendapat keuntungan,bahkan kami sering mengalami kerugian.Mulai dari Puluhan juta hingga ratusan juta rupiah kami bisa mengalami kerugian.Ikan mas yang biasanya bisa di panen sekitar tiga bulan, sekarang bisa mencapai enam bulan baru bisa di panen.Untuk ikan nila biasanya enam bulan sekarang bisa mencapai sepuluh bulan . 

     Selain rugi dari pakan, kami juga rugi dari waktu.Eceng gondok bukan hanya meng hambat untuk pertumbuhan ikan saja namun bisa menghambat alat transportasi air.Perahu pengangkut pakan ikan atau mengangkut hasil panen sangat kesulitan menuju lokasi .Apalagi berbenturan dengan eceng yang kondisinya lebih tebal, sama sekali tida bisa melaju.Kadang ada yang mencapai sehari semalam tidak bisa melanjutkan perjalanan. 

     Dengan kondisi seperti ini para petani ikan kolam cirata sangat meng harapkan bantuan dari pemerintah atau dari dinas terkait,pungkas nya.Juhana/Elya BTO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s