​Aliran Sungai di Pangandaran Ini Kembali Mengalir Ke Laut

Posted on

PANGANDARAN Buser Trans. Warga Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran dapat bernafas lega. Pasalnya ailiran air Sungai Bugel Bulaksetra yang melewati tiga Dusun di desa tersebut dapat kembali mengalir kelaut setelah hampir satu tahun tersumbat. 
Puluhan orang dari beberapa elemen masyarakat yang terdiri dari Pemerintah Desa, FKDM, Relawan, TNI dari Koramil 1320 Pangandaran dan warga, Jumat (17/2) pagi, bergotong royong dan berhasil mengalirkan kembali aliran sungai yang melewati Dusun Kalapatiga, Kamurang dan Bojongkarekes dengan peralatan seadanya.

Sebelumnya warga sudah hampir satu tahun ini dilanda kekhawatiran akibat Sungai Bugel Bulaksetra tidak dapat mengalir ke laut karena terhalang pasir laut (megu). Akibatnya air sungai mulai merendam hektaran sawah, kebun dan tambak milik warga. 

Akibat terhambatnya laju air aliran sungai Bugel Bulaksetra tersebut, antara lain di Dusun Kamurang RW. 12 (RT. 1,2,3,4,5), Dusun Bojongkarekes RW. 15 (RT. 1,3,4) RW. 16 (RT.1,2), termasuk Dusun Kalapatiga RT. 03/RW. 08, menjadi daerah terdampak.

Menurut Sekretaris Desa Babakan Mamal Nur Hidayat, terhalangnya aliran sungai kearah laut akibat terhalang pasir pasca terjadi pancaroba sekitar setahun yang lalu.

“Alhamdulillah hari ini air sungai sudah dapat mengalir ke laut,”kata Deni.

Meskipun demikian, kondisi ini sifatnya sementara, karena jalur sungai yang kita buat hanya menggali pasir laut dan suatu saat akan kembali tertutup pasir karena  tergerus arus air. (ateng jaelani)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s