​Sering Diguncang Gempa Bumi, Warga Pangandaran Dihimbau Tidak Takut Berlebihan

Posted on


Pangandaran Buser trans.
Terkait seringnya terjadi gempa bumi di Jawa Barat yang terasa hingga  Pangandaran, Pemkab Pangandaran menghimbau warga tidak merasa takut yang berlebihan. 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan, gempa bumi disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. 
Nana menambahkan, gempa disebabkan adanya gesekan lempeng indo australia dan lempeng eurasia.
“Gempa bumi dapat menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Namun selama beberapa kali gempa skalanya kecil dan tidak berdampak pada bangunan, infrastruktur jalan maupun jiwa,”kata Nana, Kamis (16/2) siang.
Untuk itu, lanjut Nana, masyarakat dihimbau tidak perlu cemas, namun tetap harus meningkatkan kewaspadaan. Mengingat gempa bumi, kapan terjadi dan di mana terjadinya tidak bisa diprediksi. Bahkan negara maju sekalipun tidak bisa memprediksi gempa itu.
“Jadi untuk gempa itu tidak bisa diprediksi, bahkan negara maju seperti Amerika dan Jepang pun yang memiliki teknologi yang tinggi pun belum bisa memprediksi kapan dan di mana gempa terjadi,” ujar Nana. (Ateng jaelani)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s