​WARGA PETANI PEMBUDIDAYA IKAN  MENGELUH KESULITAN MENDAPATKAN BENIH

Posted on

Pangandaran Buser Trans.
Sejumlah peternak (pembudidaya) ikan air tawar saat ini di ambang kebangkrutan ,pasalnya tengah kesulitan mendapatkan benih ikan, dari sejak Balai Benih Ikan (BBI) yang berlokasi di Jalan Ciparanti Blok. Leweung Kolot Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran berganti Pengelola sepertinya tidak lagi menyediakan benih ikan kebutuhan peternak.
Hal itu terungkap dari gopur (46 th) seorang peternak ikan asal Cimerak Sewaktu di kompirmasi Buser Trans  Sabtu siang (04/03).  Menurut salah satu warga petani pembudidaya ikan Gopur sejak 2 bulan terakhir benih ikan yang biasa diperlukan seperti benih Ikan mas dan mujair dan Gurame tidak tersedia lagi di BBI, padahal sejak lama banyak tersedia, katanya.
Menurut Gopur sejak BBI didirikan oleh pemerintah Kabupaten Ciamis dan pasca DOB dibawah pengelolaan Dinas Kelautan Perikanan dan Kehutanan (KPK) Kabupaten Pangandaran, benih ikan air tawar yang laku dipasaran selalu tersedia, namun sejak dikelola dinas yang baru ini benih ikan tersebut tidak ada lagi, ungkapnya.
Juga gopur menambahkan  “Entah dinas apa yang sekarang, saya tidak tahu, namun sejak dikelola oleh dinas yang sekarang benih ikan yang kami perlukan tidak ada lagi, yang ada hanya benih ikan lele saja”, ujarnya.
Hal senada dikatakan eman (42 th) peternak ikan asal cikalong  Tasikmalaya yang biasa membeli benih ikan di BBI Cimerak. Menurutnya lebih baik pengelolaan BBI dikembalikan seperti dulu lagi, agar para pembudidaya ikan mudah dan lancar dalam usahanya, dan tidak kesulitan seperti sekarang ini juga mengharap bisa normal kembali imbuhnya. (Ateng jaelani)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s