​BBI DI PANGANDARAN PERLU  BERGENDING DENGAN PASAR IKAN

Posted on

Pangandaran Buser Trans.
Balai Benih Ikan (BBI) sebagai tempat pembinaan budidaya ikan serta penyedia benih ikan, yang terletak di Desa Batumalang,  Kecamatan Cimerak,  Kabupaten Pangandaran, semakin dituntut perannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pembudidaya.
Untuk itu diperlukan optimalisasi program dengan didukung adanya sarana, prasarana yang memadai serta tenaga yang menguasai bidang perikanan untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan perikanan di Kabupaten Pangandaran.
Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran,  Tata,  S.Pd, M.Si mengatakan, keberadaan Balai Benih Ikan (BBI) bertujuan untuk melaksanakan penerapan teknik pembenihan dan pembudidayaan ikan air tawar serta pelestarian sumber daya induk/benih ikan dan lingkungan.
“Selain itu juga melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknik dan manajemen kepada pembenih dan pembudidaya ikan, serta membantu pemasaran para pembenih dan pembudidaya ikan”, kata Tata, kamis (30/03) siang.
Tata menambahkan, saat ini BBI Kabupaten Pangandaran mulai melakukan pembudidayaan dengan membeli beberapa ekor  calon induk dan beberapa induk ikan yang siap untuk dibudidayakan dari Balai benih Provinsi di Singaparna Tasikmalaya.
“Semua calon induk ikan tersebut sudah bersertifikat,  dan alhamdulillah saat ini mulai dilakukan penetasan benih ikan Gurame,  ikan Mujaer,” tambahnya.
Pihaknya meminta kepada semua pembudidaya ikan di Kabupaten Pangandaran untuk bisa bersabar karena dalam proses pembudidayaan dibutuhkan adaptasi dulu terhadap indukan yang akan dikawinkan hingga dua minggu.
“Setelah penetasan benih pun harus menunggu selama empat bulan mendatang sampai kami jual pada masyarakat pembudidaya ikan. Jadi tidak bisa instan. Perlu proses dalam pembenihan bibit ikan tersebut,”dan juga konsumen perlu benih yang berkualitas pungkasnya(ateng jaelani)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s