GEMPABUMI MENGGUNCANG KABUPATEN BANDUNG -JAWA BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Posted on Updated on

Hari Selasa, 18 Juli 2017, gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kab.Bandung, Jawa Barat. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 12:58:15 WIB dengan kekuatan M=3.7 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.22 LS dan 107.80 BT, tepatnya pada jarak 21 km Tenggara Kab.Bandung-Jawa Barat.
Foto:ilustrasi gempa

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Bandung dan Garut. Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi dirasakan di Kamojang, Kab. Garut II SIG-BMKG (IV MMI) dan Solokan Jeruk Kab.Bandung I SIG-BMKG (II MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal sehingga mengakibatkan terjadinya deformasi batuan.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah Bandung dan Garut dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.Andreas/Juhana/BTO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s