JELANG PEMILU, e-KTP WARGA PANGANDARAN TERCETAK GANDA

Pangandaran Buser Trans.

Di saat jelang Pemilihan Umum ada beberapa warga Pangandaran tepatnya di Dusun Babakan dan di Dusun Parigi Desa/Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, dalam mencetak kartu tanda penduduk eletronik atau e-KTP terjadi pencetakan e-KTP ganda.

Iyan Gilan (60) Salah satu warga Dusun/Desa Parigi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran saat di kompirmasi oleh Buser Trans di kediamannya Rabu (13/03/2019 )siang mengatakan, bahwa cetak ganda e-KTP tersebut terjadi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak April 2019 mendatang. “Saya mendeteksi ada kurang lebih 9 warga yang e-KTP nya tercetak ganda dilingkungan saya,” kata Iyan.

Hal itu terjadi saat dirinya memproses pembuatan e-KTP warga yang belum memiliki e-KTP. “Semula saya berniat membantu warga sekitar agar memiliki e-KTP,”ungkap Iyan.

Setelah e-KTP selesai dicetak dan akan diserahkan kepada yang bersangkutan oleh Iyan, ternyata ada juga e-KTP yang sudah tercetak. “Kejadian ini harus jadi evaluasi karena ditengah sulitnya warga membuat e-KTP lantaran kurangya blanko, tapi ada e-KTP yang tercetak ganda,”ungkapnya.

Sementara di tempat terpisah menutut Rusli, selaku Bagian Kepala Seksi Data Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Pangandaran sewaktu di kompirmasi lewat Telepon seluler untuk di kompirmasi tentang e,KTP yang tercetak Ganda mengatakan, bahwa kejadian cetak e-KTP ganda lantaran calon pembuat e-KTP membuat ke berbagai arah. “Kadang calon pembuat e-KTP mendaftar langsung ke Dinas atau ke Kecamatan bahkan ke calon anggota DPRD,” kata Rusli.

Rusli menjelaskan, sistem server e-KTP digunakan se Indonesia, sehingga ada keterlambatan pengembalian data dari Kementerian ke data Kabupaten. “Harusnya calon pembuat e-KTP jika mau membuat e-KTP satu jalur saja tidak usah ke berbagai sumber karena menyulitkan Para petugas di Dinas Kependudukan Catatan Sipil untuk menditeksinya,” pungkasnya.( Ateng Jaelani )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s