LSM GMB Di Hadang Massa FIF

Kanit P3D Polrestabes Bandung Kompol H. Deden Suryadi bersama Nurdin Senjaya Pemimpin Redaksi Buser Trans Online beberapa waktu lalu, berfoto setelah melakukan pembicaraan beberapa hal mengenai kerjasama.

Penghadangan ini dirasakan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bersatu ( LSM GMB), seperti di utarakan Aswan Mansur pengurus LSM GMB Jawa Barat, kepada wartawan, Sabtu (8/10), kejadian di kantor PT. Federal International Finance FIF Kota Bandung.

Berawal niat baik pengurus LSM mempertanyakan unit motor yang di tarik oleh juru tarik FIF di jalan, motor tersebut  dipakai oleh seorang siswi SMA sebuah sekolah ternama kota Bandung. Pada saat itu, siswi yang mengendarai motor memohon untuk dibicarakan dirumahnya, namun, juru tarik FIF bersikukuh menyita motor.

Kejadian diatas mengundang reaksi LSM GMB mempertanyakan ke kantor FIF Rajawali dan mengontak karyawan FIF akan datang ke kantornya, tanpa disangka kedatangannya disambut lebih dari 50 orang beperakan tegap, diluar etnis sunda dan mobil patrol Polisi bertulisan Polsek Andir, jelas Aswan di amini Asep mambo ketua LSM GMB Kab. Bandung.

Tanpa dihiraukan massa yang dihadapan ke tiga orang anggota LSM dan satu orang korban terakhir pemilik motor masuk ruangan kantor FIF, belakang diketahui bahwa motor tersebut adalah oleh pemilik awal tidak di cicil ke finance dan korban membinjamkan uang senilai 4 jt kepada Yuni pemilik aflikasi motor, oleh pemilik awal motor sebagai titip jaminan ke pada korban.

Pembicaraan putus tanpa hasil, pada saat keluar, mobil yang dikendarai pengurus LSM tidak bisa bergerak karena di depan mobil sejumlah motor menghalangi, bahkan terdengar terikan kepada kami oleh sekelompok orang “habisi saja”terlontar dari massa yang ada di depan kantor FIF, ungkap Asep mambo.

Lebih jauh Asep mambo menuturkan keperdulian terhadap kasus ini menurutnya, terpanggil jiwa karena banyak kosumen yang dirugikan oleh Leasing,” motor ditarik leasing tidak memperdulikan hak konsumen, baik hasil lelang oleh leasing tidak pernah uangnya samapai kepada konsumen”. Jelasnya diamini rekan rekan LSM GMB.

Ia mempertimbangkan balasan atas perlakuan yang diterimanya ketika di kantor FIF,”saya akan berkoordinasi dengan rekan rekan dan mempertimbangkan untuk mengerahkan massa kami, atau upaya hukum lain”.ungkapnya.

Kanit P3D Polrestabes Bandung Kompol H.Deden Suryadi SH saat dihubungi melalui telepon seluller, sejauh ini belum mengetahui secara pasti kapasitas kehadiran Kapolsek Andir beserta anggotanya di kantor FIF, “pak Nurdin (red Wartawan) silahkan menghubungi langsung Kapolseknya” Jelasnya.

Kapolsek Andir Kompol R.N. Mulyadi menyampaikan, kehadiraannya atas laporan dari karyawan FIF akan kedatangan LSM GMB, ketika ditanya wartawan apakah laporan dari FIF secara resmi, ia mengaku hanya laporan lisan dan pengamanan biasa setelah apel pagi, Ia juga menolak atas permintaan Finance unit motor yang di sengketakan di titipkan di Mapolsek Andir.

Di tempat terpisan Tomi salah seorang penanggung jawab dari PT. Federal International Finance FIF, membernarkan pertemuan waktu itu, tetapi ia membantah kalau telah melakukan penghadangan, adapun massa yang ada adalah karyawannya setelah do’a bersama yang sedang berkumpul.

Dalam pres rilis yang dikirim lewat sms kepada HP wartawan menyebutkan sekitar Des 2010 Yulia Ningsih mengajukan kridit Motor jenis Vario dengan uang muka 2,5 Jt, angsuran 550 rb selama 35 bulan Ke PT. FIF Cabang Bandung 1, namun, pada angsuran ke 5 menunggak, team dilapangan mendapatkan unit dan melakukan penariakan. Adapun  kami berkoordinasi dengan pihak polsek sebagai upaya persuasif dalam menjaga keamanan dan sebagi penengah dalam penyelesaian permasalahan ini,jadi dalam hal ini kami sudah upayakan jalan damai tetapi tidak menemukan titik temu dan tidak ada penyekapan.

Sebelum pres rilis disampaikan Tomi sempat menyakan No indentisas PWI kepada wartawan. (Red/Buser Trans Online)

8 tanggapan untuk “LSM GMB Di Hadang Massa FIF

  1. Kehadiran LSM GMB sangat membantu sekali terhadap masyarakat terlebih masyarakat ekonomi menengah kebawah,terbukti insident tgi 08/10/11 di kantor federal international finance/FIF Kota Bandung. Salam sejahtera kami dari masyarakat utk LSM GMB dan Bpk POLISI.

    Suka

  2. nya lamun teu sanggup bayar mah,mending ulah kredit…nya lamun tos trlanjur kredit,mending motor na d angge nyalira,ulah d gade keun….

    Suka

  3. SAYA KECEWA DENGAN OKNUM ANGGOTA LSM,SAYA MEMBELI SEPEDA MOTOR TAPI SAMPAI SAAT INI TIDA KUNJUNG DATANG..ORANGYA PUN MENGHILANG…DENGAN UANG SAYA,SAYA SUDAH BEBERAPA KALI MENGADUKAN HAL INI KE SEKERTARIAT NYA…TAPI BELUM ADA KOMPIRMASI SAAMPAI SEKARANG.JADI SAYA MOHON OKNUM OKNUM SEPERTI ITU DI KELUARKAN SAJA..DAN DITINDAK LANJUTI,DAN ORANG ORANG YANG MENGADUKAN SEGALA PERMASALAHANYA DITANGGAPI DAN DI BANTU

    Suka

    1. tolong diberitahu nama anggotanya dan dari LSM mana, bilamana yang anda sampaikan itu dari anggota kami ( LSM GMB ) akan kami tindak lanjuti bila terbukti akan kami proses sesuai dengan AD ART.
      Terima kasih atas informasinya.
      kalau bisa langsung datang ke skretariat kami Cicalengka.

      Hormat Kami
      Asep Gunawan (mambo )
      Ketua GMB Kab. Bandung.

      Suka

  4. ahh itu cuman cuap cuap lsm aja.jangan salah lo lsm tersebut punya marketing atau di sebut nya seksi usaha mereka mencari masyarakat yang punya cicilan khususnya kendaraan bermotor kemudian mereka mempengaruhi masyarakat tersebut agar tidak usah membayar cicilan dan apabila kolektor menagih kepada masyarakat tersebut pihak lsm menyuruh untuk mengarah kan penagihan kepada pihak lsm. itu dinamakan backup nsbh.adapun unit masyarakat tsbt di tebus gadai oleh lsm tsbt dengan harga relatif murah kemudian setelah di gadai, kemudian pihak lsm menggadaikannya kembali kepada masyarakat lain dengan harga diatas lsm mengeluarkan uang kepada masyarakat pemegang unit pertama yang mempunyai cicilan terhadap bank. dan apabila masyarakat pemegang unit pertama mau menebus nya kembali, harga nya buset lebih dari bunga bank, inti nya lsm itu pengangguran terselubung yang ingin mendapatkan keuntungan atau penghasilan dengan cara instan. apalagi lsm selalu berkedok dan menggunakan agama islam dan syariat islam sebagai tameng. ujang ujang lsm montong sok ngaruksak islam sia da islam mah teu kitu patut justru kudu sieun ku Alloh kudu sieun ku hutang. saya pernah credit motor di fif sudah berjalan 6 bulan, kemudian saya tidak dapat membayar cicilan dengan senang hati saya sendiri yang menyerahkan unit ke kantor fif karena saya takut kpd Alloh swt. ya itung itung sewa motor baru lah.sungguh sangat mahal harganya bila azab Alloh di bandingkan dengan hal duniawi yang fana hanya sementara. pesan saya untuk para anggota lsm geura arereun. neangan gawe anu baleg tong anu pi rudetteun.

    Suka

  5. Sebelum nya saya mau bertanya berawal karena awal dari ke lalaian saya mengover kridit motor sonic saya ke teman dekat dari kk ipar rekomendasi dari kk ipar karena mengenal dekat teman nya.
    Teman kk ipar saya bernama Yudi/yudiansyah dan saya pun memberikan motor nya dengan di saksikan kk kandung dan kk ipar tanpa lembaran kesepakatan tertulis bertanda tangan bermaterai .
    angsuran motor saya berjalan ke 5 macet karena sudah tidak bekerja rencana niat hati mau saya kembalikan ke pihak kolektor/lising fif dan masih tersimpan rapih struk bukti pembayaran angsuran nya yg lancar saat tanggal jatuh tempo selama di saya 4 x angsuran, sehubungan saat saya bicarakan akan di serahkan ke lising di situ ada saya, kk saya dan kk ipar dan teman kk saya ya itu Yudi/yudiansyah , di situ Yudi mendengar mulai pembicaran mau di terus kan oleh si Yudi tanpa pemberitahuan pihak lising sya mengover nya karna setau info saya belum bisa balik nama over kridit klo belum 6 bulan paling nanti bsa di urus setelah 6 bulan.
    penjelasan saya DP 2.000.000 ke deller tajur-bogor dengan angsuran 1.047.000 x 29 sempat terbayar 4x angsuran 1.047.000 x 4 = 4.188.000 + DP 2.000.000 total 6.188.000 yg sdh sya bayar kan, dan sya beli online shop renmufler kenalpot racing rakitan purbalingga seharga 1.500.000 masih baru pemakaian 3 minggu jdi tambah pengeluaran 7.688.000.
    dan saat pembicaran over kridit si Yudi hanya memberi uang ke sya 1.500.000 sehubungan dia suka kenalpot nya jadi anggap aja beli kenalpot dapet motor.
    niat saya memberikan nya bukan karna uang semata tapi karna yudi meyakinkan selalu ber ulang2 mengatakan akan memjamin terus menerus di ucapkan di jamin aman ga bakalan nagih angsuran ke situ dan jadi tanggungan ke situ dan ada saksi pembicaran yaitu kk ipar dan kk kandung dan terjadilah hari itu juga motor berpindah tangan, dan pada akhir nya angsuran yg di lanjut kan tidak beres dari setiap bulan nya sampai2 angsuran menunggak 3 bulan dan saya yang selalu di uber2 dan di tagih2 oleh lising/kolektor ke rumah di alamat saya di jl bukit pelangi gunung geulis, pasir angin-gadogkab,bogor sampai dari pihak bank FIF kolektor atas nama Roby dari kantor FIF pusat pajajaran-bogor pada hari sabtu tanggal 14 januari datang ke alamat saya setelah itu sya ajak ke rumah nya si Yudi yang meneruskan motor saya di alamat Tugu dekat gunung mas, saat mau smpai rumah si Yudi sya lihat motor sonic sya ada di parkir di depan halaman depan rumah orang lain beda 5 rumah dari rumah si Yudi sempet saya foto motor nya pada waktu hari itu dan masih tersimpan foto nya saat jam 4 sore tanggal 14-01-2017 saya cari ke rumah nya yudi tidak ada saya cari dan dapat info masih dekat sekitaran rumah nya ketemu si Yudi, saya dan kolektor/lising pak roby sepakat dengan obrolan si Yudi pak roby memberi waktu sampai hari jumat tanggal 20 januari janji si Yudi pada hari jumat tgl 20 januari, sepakat. pak roby sendiri langsung kembali sesuai janji nya ke rumah si Yudi hari jumat tanggal 20 bahkan pak roby menunggu smpai larut malam di rumah si Yudi yang tidak ada di rumah nya ada hanya bertemu dengan ibu nya si Yudi, dan ibu nya si Yudi berkata ke pak roby motor nya waktu malam kemarin malam jumat ada 2 orang yg bawa dan ibu nya si Yudi berkata si Yudi lagi ke bekasi saya dapat informasi percakapan itu di hari jumat tanggal 20 januari dari pak roby chat saya via WA.
    dan 1 hari setelah pak roby dari rumah si Yudi hari sabtu tanggal 14 pak roby dapat sms yg di lihat kan ke saya via WA kirim foto scranshot yg isi sms nya seperti ini :
    – Pk.Mul (085210510888) : Saya dengan Mul,laskar merah putih, masalah motor atas nama GUNTUR(saya) itu udah saya sonding pelunasan ke kantor FIF, udh acc sya lunasi, mul lmp cisarua. tks.

    + Balesan pak roby (085781625052) :
    Maaf belum ada konfirmasi ke saya kang
    sonding melalui siapa memang nya kang

    – Pk.Mul (085210510888) : Di cabang ciawi, kang. senin sya ke kantor lagi memindak lanjuti sondingan nya kang .

    – Pk.Mul (085210510888) : Kang senin kita ketemu di kantor fif,ciawi biar tau sondingan pelunasan kita,udh masuk apa belum.

    + Balesan pak roby (085781625052) :
    saya kantor nya di pajajaran kang data Gusti(mungkin Guntur salah ketik mungkin pak roby nya) itu yang handle nya di pajajaran bukan di ciawi.
    memang di ciawi konfrim sama siapa kang .

    * (selanjut nya sudah tidak ada lagi pembahasan sms nya).

    demikian kronologi nya, sampai sekarang saya masih mencari si Yudi yang kabur sudah sering bulak balik ke rumah nya selalu tidak ada di rumah nya di hubungi nomer Hp pun sudah tidak ada yang aktif nomer Hp Yudi (085695576072 / 085882718488), dan sampai nya kabar motor saya telah di backup oleh salah satu anggota lsm lmp cisarua yang sebelum nya yudi tidak bilang ke saya.

    Tolong yang ber atas nama kan anggota lsm lpm agar Bpk/Ibu ketua pimpinan dapat membantu saya ini nomer hp saya Guntur (083898988861) alamat jl bukit pelangi, gunung geulis, pasir angin gadog – kab,bogor.
    Harapan saya urusan ini agar dapat cepat selesai dengan baik tanpa ada 1 pun pihak yang di rugikan.

    kalo sudah seperti ini sya harus gimana lagi karna saya yang selalu di tagih2 oleh pihak lising/kolektor fif.
    Demi ALLAH yang maha besar yang akan memberikan jalan terbaik nya, amin y,r,a…

    setau saya setelah kejadian ini saya searching di google artikel tentang organisasi masyarakat (ormas) yang menurut saya organisasi yang sangat membanggakan berguna melindungi bagi masyarakat bangsa dan negara sperti di sini yang sya ketahui di (sumber: hukumonline.com)
    Organisasi Masyarakat
    Tentang Organisasi Kemasyarakatan (“UU Ormas”).

    Organisasi Kemasyarakatan (“Ormas”) adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.[1]

    Ormas berfungsi sebagai sarana:[2]
    a. penyalur kegiatan sesuai dengan kepentingan anggota dan/atau tujuan organisasi;
    b. pembinaan dan pengembangan anggota untuk mewujudkan tujuan organisasi;
    c. penyalur aspirasi masyarakat;
    d. pemberdayaan masyarakat;
    e. pemenuhan pelayanan sosial;
    f. partisipasi masyarakat untuk memelihara, menjaga, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa; dan/atau
    g. pemelihara dan pelestari norma, nilai, dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
    (sumber: hukumonline.com) .

    Suka

Tinggalkan komentar